home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ikuti 5 Tips Ini Jika Smartphone Kamu Tak Bisa Diisi Daya

Sabtu, 27 Agustus 2016 23:00 by andry19 | 2472 hits
Ikuti 5 Tips Ini Jika Smartphone Kamu Tak Bisa Diisi Daya
source : tekno.liputan6.c

DREAMERS.ID - Apakah baterai smartphone kamu tak bisa diisi dayanya dengan baik? Jika iya, jangan berpikiran bahwa charger smartphone kamu rusak.Dikutip dari tekno.liputan6.com, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan jika smartphone kamu tak bisa diisi dayanya.

1. Bersihkan Debu di Lubang USB.

Terbiasa menyimpan smartphone di saku jaket atau celana? Jika iya, mungkin permasalahan yang kamu hadapi adalah kotoran atau debu yang menempel di lubang USB.

Untuk itu, coba bersihkan debu yang menempel di lubang USB dengan hati – hati. Salah satu caranya adalah dengan meniup perlahan lubang USB agar debu bisa hilang atau dengan menggunakan kapas untuk membersihkannya.


Source : tekno.liputan6.com

2. Tukar Kabel USB.

Salah satu bagian yang paling rentan adalah kabel, contohnya kabel USB milik Apple yang diketahui mudah rusak. Jika smartphone kamu tak bisa diisi daya, coba lihat kondisi kabel yang kamu miliki. Jika terlihat sudah usang dan ingin putus, kamu bisa menukar USB yang kamu gunakan dengan kabel USB baru.


Source : tekno.liputan6.com

Jika ternyata kabel USB baru ini bisa mengisi daya pada smartphone maka permasalahan ada di kabel USB yang kamu pakai.

3. Cek Kepala Charger.

Selain kabel USB, hal lain yang perlu dicek saat smartphone  kamu tak bisa diisi dayanya adalah kepala charger atau adaptornya, terutama pada kepala charger yang dihubungkan dengan kabel USB.


Source : tekno.liputan6.com

Ketika kepala charger baru bisa mengisi daya smartphone-mu, bisa dipastikan permasalah ada pada adaptor lama kamu yang mungkin sudah rusak atau tak terhubung dengan baik ke stop kontak.

Baca juga: Intip Trik Tampil Natural dan Fresh dengan Lipstick Nude

4. Ganti Baterai.

Perlu diketahui bahwa baterai smartphone memiliki daya pakai yang berbeda – beda. Setelah digunakan selama beberapa tahun, ada kemungkinan baterai smartphone mengalami kerusakan. Untuk itu, setelah langkah – langkah diatas tak berhasil, cobalah dengan mengganti baterai smartphone kamu.

Baterai sendiri biasanya memiliki masa garansi selama 6 bulan. Nah, jika kamu merasa telah menggunakan baterai tersebut selama 2 tahun, mungkin memang sudah waktunya mengganti baterai.


Source : tekno.liputan6.com

Beberapa kerusakan baterai smartphone mudah dikenali lantaran fisik baterai mulai menggelembung atau mengeluarkan cairan.

5. Pindah ke Stop Kontak Lain.

Jika semua cara diatas ternyata tak berhasil, mungkin kesalahan ada pada stop kontak atau sumber energi yang kamu gunakan. Bisa jadi stop kontak yang kamu pakai tak teraliri listrik atau rusak.

Karenanya, untuk menguji apakah stop kontak berfungsi dengan baik, cobalah untuk menghubungkan kabel USB dan mengisi daya di stop kontak lainnya. Jika pengisian daya berjalan, kemungkinan stop kontak tersebut yang tak terhubung dengan sumber listrik atau mengalami kerusakan.


Source : tekno.liputan6.com

Jadi, jangan langsung menyimpulkan bahwa smartphone kamu rusak jika tidak bisa diisi dayanya. Bisa jadi hal diatas lah penyebabnya.

(and)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)