home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Darurat Turunkan Demam

Senin, 14 Januari 2013 15:14 by miko | 6731 hits
Cara Darurat Turunkan Demam
tribunnews.com

Musim hujan yang datang pada awal tahun 2013 ini tentunya memerlukan antisipasi agar tubuh tetap sehat. Apabila tidak berjaga-jaga, bukan tidak mungkin penyakit musiman tersebut bisa menyerang, salah satunya adalah demam.

Walaupun demam tergolong penyakit ringan, tetapi tetap bisa menggangu aktivitas keseharian, dilansir dari ciricara.com, bagi kamu yang terkena demam, berikut cara darurat untuk menurunkan demam:

1. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Air putih diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam hal ini dapat sangat membantu menurunkan temperatur tubuh, sekaligus menggantikan cairan yang keluar dari tubuh.

2. Menjaga agar temperatur ruangan tetap stabil juga sangat berpengaruh untuk mengatasi masalah ini. Hindari perubahan cuaca yang terlalu cepat. Upayakan untuk selalu berada di ruangan yang sejuk dan beristirahat sebanyak mungkin.

Baca juga: BMKG Rilis Peringatan Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

3. Jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi dan zinc selama demam. Zat besi membuat tensi meningkat, sedangkan zinc tidak bisa diserap tubuh selama demam.

4. Pilihlah makanan yang lembek atau empuk. Pilihlah makanan yang sudah dikukus, sup, madu, dan yogurt. Upayakan menyertakan buah segar dan jus saat jam makan untuk si sakit. Untuk menurunkan penyebab demam, minum susu 2-3 gelas sehari.

5. Minum perasan lemon yang dicampur air hangat. Berikan setiap 2-3 jam sekali. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelimuti tubuh. Jika kebetulan menggigil dan merasa kedinginan, berselimut mungkin akan membuat tubuh lebih nyaman. Tapi begitu suhu tubuh mulai menurun, lebih baik singkirkan selimut yang menutupi tubuh dan biarkan kulit bernapas dengan leluasa.

6. Saat panas meninggi, kamu bisa mengompreskan air hangat pada bagian dahi, leher, ketiak, dan dada. Gantilah kain kompresan sebelum mengering.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)