home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diduga Gunakan Bahan Kedaluwarsa, Pihak Marugame Udon dan Pizza Hut Terancam Pidana?

Senin, 05 September 2016 11:00 by Dits | 1422 hits
Diduga Gunakan Bahan Kedaluwarsa, Pihak Marugame Udon dan Pizza Hut Terancam Pidana?
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Isu terkait dugaan penggunaan bahan kedaluwarsa yang dilakukan oleh Marugame Udon dan Pizza Hut masih terus menjadi sorotan netizen. Pasalnya dua restoran tersebut termasuk dalam resto yang difavoritkan.

Melansir laman CNN Indonesia, awal mula investigasi dilakukan saat sebuah kopi surat elektronik diterima oleh beberapa media. Dalam surat yang tertulis tanggal 4 April 2016 tersebut diketahui dikirim oleh seorang petugas bagian penjualan di Sriboga Food Group, pemilik jaringan restoran Marugame Udon, Pizza Hut Indonesia, Pizza Hut Delivery (PHD), dan The Kitchen by Pizza Hut. 

Dalam surat diketahui kalau bagian penjualan telah meminta izin kepada bagian jaminan mutu quality assurance) untuk memperpanjang masa kedaluwarsa bahan sukiyaki tare dan saus tempura yang diketahui datang pada bulan Mei 2015 dan siap untuk memenuhi kebutuhan Juni-Juli 2015.

Lebih lanjut, ternyata perpanjangan tersebut hendak dilakukan sebanyak tiga kali. Dari perpanjangan ternyata hal itu dapat menyelamatkan uang perusahaan sebesar Rp596 juta. Akan tetapi petugas jaminan mutu menolak perpanjangan masa pakai hingga tiga kali dari batas kedaluwarsa dengan alasan keamanan konsumen. 

“Mereka mempertaruhkan risiko kesehatan konsumen,” ungkap seorang sumber CNNIndonesia.com. 

Polisi pun sempat bertindak dengan menyelidiki isu dugaan penggunaan bahan kedaluwarsa di restoran Marugame Udon di Gandaria City, Jakarta Selatan, pada pertengahan April 2016 lalu. Saat pemeriksaan, ditemukan bonito powder atau bubuk untuk sup ikan dengan batas kedaluwarsa Desember 2015, yang diperpanjang masa pakainya menjadi Juni 2016. 

Baca juga: Inilah Sederet Berita Yang Paling Sering Dibaca Dreamers Selama Sepekan Terakhir

Sementara itu, dari surat yang diterima ada pula daftar belasan jenis bahan pangan yang digunakan restoran yang dikelola Sriboga Food lainya, yakni Pizza Hut, dan PHD. Terdapat keterangan tanggal analisis atau waktu ketika mengambil keputusan masa pakai setelah dilakukan tes laboratorium. 

Dalam daftar, tertulis Pizza Hut menggunakan veggie chicken sausage, puff pastry, dan citrus marinade yang ternyata diperpanjang masa pakainya selama sebulan dari batas kedaluwarsa. Bahan yang digunakan PHD di antaranya carbonara sauce mix, puff pastry, dan veggie chicken sausage yang diperpanjang masa pakai selama sebulan dari kedaluwarsa.

Menanggapi isu tersebut, Sekretaris Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Agus Suyatno, mengungkapkan kalau saat ini pengawasan pemerintah masih lemah dan jika benar dua restoran tersebut menggunakan bahan kedaluwarsa maka ada pasal yang harus diterima pelaku usaha.

“Siapa yang bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan layak konsumsi? Selama ini pemerintah lemah dalam mengawasai bahan-bahan makanan yang belum diolah,” ujar Agus. 

Menurutnya, pada tahap sebelum melakukan pengolahan, baik produk impor dan lokal seharusnya diawasi secara ketat oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Dinas Kesehatan. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengatur, pelaku usaha wajib memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan produk. Pelaku usaha juga wajib menjamin mutu barang atau jasa yang diproduksi berdasarkan ketentuan standar mutu yang berlaku. 

Dalam Pasal 19 juga disebutkan kalau pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, atau kerugian konsumen akibat konsumsi barang yang dihasilkan. “Ada tanggung jawab pemberian ganti rugi atau ancaman pidana yang tergantung pembuktian,” tutup Agus.

(dits/CNN)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)