home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simpang Siur Pernyataan Jokowi-Duterte Soal Eksekusi, #SaveMaryJane Jadi Trending Topic

Rabu, 14 September 2016 15:00 by reinasoebisono | 856 hits
Simpang Siur Pernyataan Jokowi-Duterte Soal Eksekusi, #SaveMaryJane Jadi Trending Topic
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Setelah pertemuan dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, Presiden Joko Widodo membuat heboh publik dengan mengatakan jika sudah mendapat ‘lampu hijau’ untuk menjalankan eksekusi yang tertunda terhadap warga Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso.

"Presiden Duterte saat itu menyampaikan silakan kalau mau dieksekusi," ucap Jokowi. "Saya bercerita Mary Jane membawa 2,6 kilogram heroin dan saya cerita mengenai penundaan eksekusi kemarin. Presiden Duterte menyampaikan, silakan diproses sesuai hukum yang ada di Indonesia. Artinya kan jelas,"

Desakan pada Pemerintah Filipina untuk menjelaskan pernyataan Jokowi itu pun menjadikan #SaveMaryJane sempat jadi Trending Topic. Warga Filipina mendesak pembebasan karena Mary Jane juga dianggap korban untuk menyelundupkan narkoba.


Presiden Jokowi (kanan) dan Presiden Filipina Duterte di Istana Merdeka (Tribunnews)

Baca juga: Marah Karena SEA Games 2019 Dianggap Kacau, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Minta Usut Tuntas!

Namun pihak Filipina menjelaskan jika sebenarnya Presiden Duterte menghormati peraturan hukum yang berlaku di Indonesia, bukan berarti mendukung hukuman mati terhadap Mary Jane itu. Melansir Tribunnews, warga Filipina panik dan menyuarakan pembebasan Mary Jane.

"Tidak ada bentuk dukungan (lampu hijau) sama sekali," sebut Ernesto Abella, juru bicara kepresidenan Filipina. "Beliau hanya mengatakan: 'Ikuti sesuai hukum yang ada saja, saya tidak akan mencampurinya',"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)