home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tewaskan 20 Orang, Banjir Bandang Garut Diklaim Paling Parah

Rabu, 21 September 2016 21:30 by reinasoebisono | 1384 hits
Tewaskan 20 Orang, Banjir Bandang Garut Diklaim Paling Parah
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Banjir mengagetkan yang terjadi dini hari Rabu tadi masih menyisakan duka mendalam. Banjir besar yang terjadi di Garut dan Sumedang itu disaksikan oleh warga yang berada di dataran lebih tinggi dan menyebut pemandangannya mengerikan.

"Saya lihat jelas seperti ombak tsunami, besar sekali. Saya posisinya di atas di Jalan Cimanuk ini. Banjir langsung ke dataran rendah di sekitaran Tarogong Kidul, tepatnya ke arah rumah sakit," ujar Fikri Imanudin salah seorang warga.

Banjir bandang dan bencana longsor yang menerjang sejumlah daerah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, dinilai disebabkan oleh melimpahnya intensitas hujan yang memang akan terus meningkat hingga Januari 2017 mendatang.


Image source: Jakarta Post

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, melimpahnya hujan disebabkan oleh hangatnya perairan laut di Indonesia. Hujan yang terjadi pun diperkirakan terjadi lebih sering dan intensitasnya lebih tinggi dari normalnya.

Baca juga: Menaksir Kerugian Banjir Bandang Seoul, Situs Budaya Hingga 5000 Kendaraan Rusak

jumlah korban 20 warga meninggal dunia dan 14 lainnya masih hilang pada sore tadi (21/9), pukul 16.30 WIB. Dari jumlah tersebut, sembilan anak menjadi korban bencana banjir bandang Garut, sedangkan empat anak dinyatakan masih hilang.

Hingga kini, tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, Tni Polri, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat masih terus melakukan pencarian dan evakuasi. Jenazah dan para korban ditempatkan di lantai 2 rumah sakit Dr. Slamet, Garut karena khawatir adanya banjir susulan.

(rei/Merdeka/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)