home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Percaya Isu Ini Jadi Alasan 50 Ribu Mahasiswa Korea Sengaja Tunda Kelulusan

Jumat, 07 Oktober 2016 14:40 by reinasoebisono | 1850 hits
Percaya Isu Ini Jadi Alasan 50 Ribu Mahasiswa Korea Sengaja Tunda Kelulusan
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Persaingan dunia kerja terutama dalam mendapatkan karir pertama setelah menyelesaikan bangku kuliah sering jadi permasalahan baru. Ketersediaan lapangan kerja yang minim membuat para fresh graduaters ini menganggur.

Namun di Korea Selatan justru lebih ekstrim. Karena masalah di atas, sebanyak 50 ribu mahasiswa harus menunda kelulusannya. Tidak adanya ketersediaan lowongan kerja menjadi masalah utama dan memberi efek yang tidak disangka ini.

Seorang ahli hukum dari Partai Minjoo, An Min Suk mengatakan pada semester pertama tahun ini, ada 17.774 mahasiswa senior yang terpaksa menunda kelulusan. Nyatanya, penundaan lulus ini bukan hanya karena sistem universitas, namun ada unsur kesengajaan dari para mahasiswa itu sendiri.

Sebagian dari mereka sengaja melewatkan kredit untuk melengkapi syarat lulus. Alasan utamanya adalah karena kepercayaan jika perusahaan besar menghindari penerimaan para lulusan baru, kebanyakan dari perusahaan besar mencari orng berpengalaman.

Baca juga: Tiga Mahasiswa Palestina Ditembak Di Amerika Serikat, Benci Jadi Tindak Kekerasan?

Sebagian lagi beralasan jika menjadi mahasiswa adalah saat yang tepat untuk mengasah kemampuan lain seperti bahasa Inggris, menjadi relawan di berbagai kegiatan ataupun mencari beasiswa untuk meningkatkan nilai CV mereka nantinya.

Kepercayaan mahasiswa terhadap isu ini memberi keprihatinan tersendiri. Karena melansir Chosun Ilbo, survei yang dilakukan portal kerja Saramin terhadap 251 HRD di Korea mengatakan sebanyak 58.6% perusahaan tidak peduli jika pelamar mereka memiliki gelar sarjana atau tidak. Sedangkan 10.7% bersedia menerima pelamar yang masih kuliah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)