home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilmuwan Temukan 4 Tipe Kepribadian Baru, Kamu Termasuk yang Mana?

Selasa, 11 Oktober 2016 12:30 by fzhchyn | 2685 hits
Ilmuwan Temukan 4 Tipe Kepribadian Baru, Kamu Termasuk yang Mana?
Image source: shutterstoc

DREAMERS.ID - Saat berbicara tentang kepribadian seseorang, kita mungkin pernah mendengar istilah Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis. Yap, itulah empat tipe kepribadian manusia yang selama ini umum digunakan. Tapi selain itu, ada juga yang membaginya menjadi 16 jenis dengan istilah INFP, ENTP, ISTJ, dan lainnya.

Kini para ilmuwan di Spanyol memiliki analisa baru yang lebih akurat dan membagi tipe kepribadian menjadi empat kategori. Dilansir dari Daily Mail, para ilmuwan ini membaginya berdasarkan berbagai dilema sosialnya, dan mengembangkan algoritma untuk mengklasifikasikan perilaku mereka.

Gabungan peneliti dari Universidad Carloss III de Madrid, Universities of Barcelona, Rovira i Virgili University, dan Zaragoza University, merekrut 541 partisipan untuk bergabung dalam sebuah eksperimen sosial.

Para partisipan ini dipasangkan dengan partisipan lain untuk melakukan game, dan setiap selesai satu game, pasangan diganti. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui karakter dalam bermain game: apakah dapat bekerja sama atau justru tidak bekerja sama dan berkhianat. Dari respon terhadap situasi ini, para peneliti dapat mengembangkan algoritma dan menemukan empat klasifikasi.

Optimis
Seseorang yang memiliki kepribadian optimis, percaya dirinya dan partner-nya akan membuat keputusan yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Penuh kepercayaan
Seseorang yang memiliki sifat penuh kepercayaan atau 'trusting' ini, dianggap sebagai pribadi yang bisa berkolaborasi, dan mampu bekerja bersama tanpa terlalu bertujuan untuk menang atau kalah.

Baca juga: Cek Tipe Kepribadian Kamu Berdasarkan Jenis Sushi Favorit

Pesimis
Seseorang dengan kepribadian pesimis akan selalu memilih berbagai opsi dengan mempertimbangkan mana opsi 'dengan keburukan lebih sedikit.'

Iri
Seseorang dengan tipe iri atau 'envious,' tak peduli dengan hasil yang ia raih dalam permainan, asal hasil tersebut lebih baik dari yang lain.

Para ilmuwan menganggap bahwa jumlah partisipan cukup mewakili sampel dari keseluruhan sifat manusia, dengan kira-kira 90 persen akurat. Dari penelitian ini, kepribadian 'iri' adalah yang paling banyak mendominasi dengan 30 persen. Kepribadian yang lain cukup rata dengan masing-masing 20 persen. Meski demikian perlu partisipan yang lebih banyak dan lebih heterogen lagi untuk hasil yang lebih akurat.

Kalau kamu termasuk yang mana, Dreamers? ^^

(fzh/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)