home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terjun Bebas ke Laut, Ini Kronologi Ambruknya ‘Jembatan Cinta’ Bali

Senin, 17 Oktober 2016 10:45 by reinasoebisono | 1125 hits
Terjun Bebas ke Laut, Ini Kronologi Ambruknya ‘Jembatan Cinta’ Bali
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Robohnya jembatan kuning atau yang sering disebut Jembatan Cinta di Bali memang membuat geger masyarakat. Pasalnya, tragedi itu terjadi saat upacara keagamaan di Pura Bakung Ceningan, Bali berlangsung. Otomatis, banyak warga yang berada di sana.

Musibah yang dikatakan BNPBD Bali menewaskan 8 orang itu diduga karena jembatan menampung beban yang melampaui batas. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengemukakan kronologinya.

Diperkirakan ada 70 warga berada di atas jembatan pada saat kejadian sekitar pukul 18.30 WITA. Melansir CNN, hari itu bertepatan dengan Hari Nyepi Segara yang melarang segala aktivitas di laut. Sebelum runtuh, Sutopo mengatakan jika jembatan sudah goyang-goyang hingga akhirnya ambruk.


Image source: Merdeka

Menurut laman Merdeka, ada warga Klungkung yang melihat tali sling penyangga beban jembatan putus. Beberapa pejalan kaki dan pengendara motor di atas jembatan langsung meluncur ke laut yang sedang surut saat ambruk.

Baca juga: 8 Orang Tewas, Ini Detik-Detik Jembatan Cinta Bali Roboh Saat Upacara Keagamaan

"Sehingga seling jembatan putus dan jatuh ke laut. Selain itu, beberapa kali jembatan juga pernah rusak dan sudah mendapat perbaikan," ujar Sutopo.

Sejumlah warga sebenarnya sudah berusaha untuk menyelamatkan korban. Namun karena medan yang sulit membuat usaha evakuasi korban yang jatuh ke laut tak maksimal. Meski evakuasi belum dapat menjangkau Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan, Kapal Basarnas dijadwalkan tiba pagi ini.

Sebelumnya, jembatan penghubung tersebut dikenal sebagai Jembatan Cinta Bali karena banyak anak muda yang berfoto dan mengunjunginya itu roboh dan menurut data terakhir, sekitar 8 orang tewas dan telah berhasil diidentifikasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)