home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seoul Larang Karyawan Terima Tugas Jika Lewat Jam Kerja Via Kakao Talk?

Jumat, 28 Oktober 2016 14:00 by reinasoebisono | 1152 hits
Seoul Larang Karyawan Terima Tugas Jika Lewat Jam Kerja Via Kakao Talk?
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Sebagai bentuk keprihatinan dan penghargaan karyawan khususnya yang bergerak dalam bidang jasa, pemerintah ibu kota Korea Selatan, Seoul mengajukan peraturan yang cukup unik, yaitu melarang pekerja menerima tugas setelah lewat jam kerja.

Melansir Korea Herald, 15 Dewan Kota Seoul akan melarang para pekerja menerima tugas pekerjaan yang diterima melalui aplikasi chatting. Ya, aplikasi chatting, terutama Kakao Talk. Namun apa alasannya?

Menurut survei yang dilakukan kepada para pekerja yang menawarkan jasa pada September lalu, permintaan kerja via aplikasi Kakao Talk setelah jam kerja adalah masalah utama yang diperhatikan dan dikeluhkan oleh para karyawan. Namun revisi undang-undang telah diajukan untuk kepentingan para karyawan ibu kota.

“Meski pelayan publik harus melayani 24/7 (24 jam seminggu), hak mereka yang paling mendasar sering kali diabaikan karena beban kerja yang berlebihan,” tutur Anggota Dewan Kota Seoul, Kim Gwang Sun.

Kebiasaan dan peraturan unik ini diajukan karena tingginya tingkat stres para pekerja Seoul yang terlihat seperti tak memiliki istirahat. Dan dengan adanya kecanggihan teknologi zaman sekarang, permintaan kerja makin mudah dilakukan tanpa mengenal waktu.

Perlu diketahui, Seoul masuk dalam negara dengan jam kerja terpanjang selama seminggu dalam Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi. Sebut saja pekerja kantor pos yang memiliki jam kerja pukul 09.00 pagi hingga 06.00 sore.

Jika revisi ini disetujui, permintaan kerja terutama dari masyarakat untuk para pekerja publik akan dilarang jika melewati jam kerja. Termasuk aplikasi chatting seperti Kakao Talk, telepon, SMS, hingga sosial media dan jalur lain.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)