home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

LAPAN Luncurkan Ekspedisi 'Menembus Langit' Lewat Pesawat Tanpa Awak Tepat di Hari Sumpah Pemuda

Jumat, 28 Oktober 2016 09:00 by Dits | 692 hits
LAPAN Luncurkan Ekspedisi 'Menembus Langit' Lewat Pesawat Tanpa Awak Tepat di Hari Sumpah Pemuda
image source: detikcom

DREAMERS.ID - Tepat di hari Sumpah Pemuda yang diperingati tepat setiap tanggal 28 Oktober, sebuah ekspedisi 'Menembus Langit' dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dalam ekspedisi tersebut pesawat tanpa awak (unmanned aerial vehicle/UAV) Ai-X akan diluncurkan ke lapisan stratosfer.

Pengiriman pesawat tanpa awak ini rencananya berlangsung pukul 05.00 WIB di Balai Uji Teknologi Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Pameungpeuk, Garut. Pesawat tersebut diterbangkan dengan balon cuaca ke stratosfer dan akan kembali ke titik awal secara otomatis.

Dalam keterangan yang diterima Detik, ekspedisi peluncuran pesawat tanpa awak 'Menembus Langit' merupakan kerja sama antara AeroTerrascan, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) dan sejumlah badan kajian ruang angkasa lain. Ekspedisi ini bertujuan mendukung eksplorasi stratosfer dan mengembangkan riset aeronautika Indonesia.

Sebelumnya pada Kamis (27/10) telah dilakukan persiapan dan gladi bersih. Selain uji coba terbang, persiapan teknis lainnya yaitu mulai dari mempersiapkan logistik, koneksi untuk kontrol pesawat dan live video streaming peluncuran. Semuanya melibatkan 12 tenaga teknisi sesuai dengan job desknya masing-masing.

"12 orang teknisi yang terjun hari ini adalah bagian handling pesawat, kontrol komunikasi, flight director, teknisi balon. Sisanya bagian non teknis," ujar Aji yang merupakan Bagian Dokumentasi Menembus Langit, saat ditemui di lokasi uji coba.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Sandiaga Uno untuk Anak Muda Indonesia: Jangan Baper

Teknologi rancangan anak bangsa ini rencananya akan terbang setinggi 30 kilometer dengan dorongan balon udara. Setelah pada ketinggian 12 kilometer, UAV Ai-X1 akan berpisah dan melanjutkan misinya di lapisan stratosfer dengan teknologi yang tersedia.

Data meteorologi yang diterima dari ekspedisi Menembus Langit akan digunakan untuk penelitian cuaca, iklim Indonesia, dan menjadi "Guide Book" dalam hal ekspolarsi stratosfer mulai dari riset awal, metodologi, cara kerja, serta pengoperasian sistem menuju stratosfer. Proyek tersebut diklaim sebagai uji coba terbang pertama menuju stratosfer di Indonesia dan akan menjadi rekor nasional.

(dits/Detik)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)