home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Viral di Kalangan Netizen, Inikah Arti Dari 'Pakaian Santai' Bomber Jacket Jokowi?

Senin, 07 November 2016 11:15 by reinasoebisono | 2411 hits
Jadi Viral di Kalangan Netizen, Inikah Arti Dari 'Pakaian Santai' Bomber Jacket Jokowi?
Image source: Tabloid Bin

DREAMERS.ID - Kericuhan yang sempat membuat istana sibuk, serta bentrokan di Penjaringan Jakarta Utara saat demonstrasi 4 November Jumat lalu seakan ‘dibelokkan’ dengan penampilan Presiden Jokowi yang memberi pidato singkat setelah peristiwa tersebut.

Sempat menyebut adanya ‘aktor politik’ yang menunggangi unjuk rasa hingga akhirnya ricuh tersebut, Jokowi berhasil ‘menyihir’ mata netizen dan beralih membicarakan bomber jacket yang dipakainya tersebut.

Tak butuh waktu lama netizen menemukan brand hingga harga jaket yang aslinya dipakai oleh para pilot pesawat militer tersebut. Jokowi sebenarnya memakai pakaian khasnya, kemeja putih dan celana hitam, namun dipadukan dengan bomber jacket berwarna hijau.

Diskusi dunia maya jadi tak terus membicarakan kericuhan dan suasana mencekam yang terjadi. Psikolog Politik Universitas Gadjah Mada, Profesor Koentjoro Soeparno pun mencoba menganalisa arti di balik pakaian tersebut. Fyi, bomber jacket tentu bukanlah pakaian formal seperti kemeja atau jas bahkan batik. Namun kini telah dianggap pakaian santai.


Image source: Dreamers.id

“Itu mungkin metafora menganggap demo remeh. Itu bahasa simbol," kata Koentjoro.

Baca juga: Mengejutkan dan Patahkan Spekulasi Liar, Ini Jawaban Jokowi Soal Bomber Jacketnya

Penampilan itu tak bedanya dengan arti keengganan Jokowi menemui para pendemo. Salah satunya adalah karena aksi pekan lalu dinilai belum memiliki tujuan yang jelas. Memang, yang diprotes alias Ahok belum terbukti bersalah melakukan penistaan agama.

"(Presiden) memang tidak ingin menerima pendemo karena banyak alasan. Alasan demo apa? Sudah jelaskah? Benarkah Ahok menistakan agama? Tapi kenapa sekarang sasaran (demo) jadi Jokowi?" lanjut Koentjoro.

Namun jika melihat arti dari bomber jacket sendiri, busana bernuansa militer itu menyimbolkan kesehariannya yang selalu aktif dan siap menjalankan tugas, seperti pilot pesawat militer pada Perang Dunia I yang harus mengemudi dalam keadaan kokpit terbuka.

Meski begitu, tidak ada informasi resmi dari pihak istana tentang gaya berpakaian yang jadi pusat perhatian itu. Namun tidak sedikit juga orang yang penasaran dan yakin ada pesan tersirat yang ingin disampaikan kepada khalayak publik.

(rei/CNN/Tribunnews)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)