home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Lezat, Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Bau Mulut!

Selasa, 08 November 2016 11:00 by fzhchyn | 1928 hits
Meski Lezat, Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Bau Mulut!
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Napas yang bau memang bisa disebabkan karena kuman yang bersarang akibat malas merawat kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi. Tapi ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata dapat membuat napas beraroma tak sedap.

Bawang mungkin menjadi salah satunya yang langsung terbersit, tapi selain itu ternyata masih banyak jenis makanan dan minuman yang menyebabkan bau mulut. Berikut adalah beberapa diantaranya mengutip laman The Daily Meal.

1. Permen
Siapa sangka makanan dengan rasa dan aroma yang manis ini bisa membuat napas kita menjadi bau. Ternyata hal ini diakibatkan karena kandungan gula bercampur dengan bakteri dalam mulut akan mengeluarkan senyawa sulfur (belerang) yang membuat bau mulut.

2. Buah jeruk
Kandungan asam dalam buah jeruk dapat menyebabkan bakteri dalam mulut berkembang. Jadi sebaiknya hindari segelas jus jeruk di pagi hari untuk menjaga napas tetap segar. Tak hanya jeruk, jenis makanan lainnya yang mengandung asam seperti tomat, paprika, dan telur juga bisa membuat bau mulut.

3. Produk olahan susu
Dairy products atau produk olahan susu seperti yogurt memang memiliki efek positif terhadap kesegaran napas. Tapi produk lainnya seperti susu dan keju justru bisa menimbulkan bau mulut. Dan lagi-lagi alasannya karena gula yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

4. Buah kering
Buah kering mengandung banyak gula, dan serat buah yang mengering itu juga bisa saja tersangkut di antara gigi. Gula memang bisa membuat bau mulut dengan caranya sendiri, dan saat gula tersebut tersangkut di gigi, hasilnya akan menjadi lebih buruk.

5. Minuman berenergi
Kandungan kafein dalam minuman berenergi dapat menghidrasi (membuat kering). Ditambah kandungan gula yang terkandung di dalamnya sehingga menjadi serangan ganda untuk membuat napas bau.

6. Kimchi
Kuliner khas Korea Selatan ini biasanya dibuat dengan jumlah bawang putih yang cukup banyak. Dan hampir semua bahan pembuatannya seperti kubis, dan cabai paprika mengandung senyawa yang membuat bau. Fakta lainnya, olahan yang difermentasi juga bisa menjadi faktor penyebab napas tak segar.

7. Daging merah
Serat protein dalam daging merah bisa dengan mudah menyangkut di gigi, dan cukup sulit untuk membersihkannya jika tidak dengan flossing (benang gigi) atau tusuk gigi. Jika daging tersebut tetap di sana dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan bau.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)