home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Orang Terduga Pelaku Kericuhan Demo 4 November Resmi Jadi Tersangka

Selasa, 08 November 2016 16:50 by Dits | 808 hits
5 Orang Terduga Pelaku Kericuhan Demo 4 November Resmi Jadi Tersangka
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Setelah menangkap beberapa orang terkait insiden kericuhan yang terjadi pada demo 4 November lalu akhirnya aparat Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya resmi menetapkan status tersangka terhadap lima terduga pelaku kerusuhan. 

"Kelima orang tersebut saat ini statusnya sebagai tersangka. Kita tersangkakan melanggar Pasal 214 kita juncto kan Pasal 212," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiono di Mapolda Metro Jaya pada Selasa (8/11).

Lebih lanjut Awi menegaskan tim penyidik masih mendalami keterlibatan mereka yang menyebabkan terjadinya bentrokan antara polisi dan pendemo. Penangkapan terhadap lima pelaku kerusuhan mulai dilakukan pada pukul 24.00 WIB, di sejumlah titik ibu kota. AH, RR, MRB dan RM ditangkap saat sedang menginap di markas Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) di Jl Sultan Agung, Menteng, Jakarta. Sedangkan II diamankan saat berada di rumah anggota DPD Basri Salama di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

Mereka ditetapkan sebagai tersangka karena diyakini terlibat melakukan kekerasan atau ancaman kepada pejabat yang sedang melaksanakan tugasnya. Atas perbuatannya, mereka dijerat Pasal 214 KUHP jo. Pasal 212 KUHP.

"Untuk ancaman pidananya sendiri, kita akan penjara selama tujuh tahun," ungkap Awi melansir Merdeka.

Polisi pun bekerja keras memburu para pelaku salah satunya dengan menggunakan rekaman CCTV dan foto-foto yang beredar di media sosial. Awi juga tak menampik masih ada kemungkinan tersangka baru dalam kasus kericuhan yang terjadi saat demo berlangsung di Istana.

"Barang bukti yang ada di video, ada di foto-foto inventaris kita (Polisi) itu yang akan kita ajukan ke persidangan," terang dia.

Baca juga: Siap Digelar, Demo 2 Desember Akan Berlangsung Damai di Monas

(dits/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)