home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Besar Disusul Tsunami Gelombang Pertama Terjadi di Selandia Baru

Minggu, 13 November 2016 21:52 by reinasoebisono | 3766 hits
Gempa Besar Disusul Tsunami Gelombang Pertama Terjadi di Selandia Baru
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Selandia Baru diterjang gempa berkekuatan cukup besar, yaitu 7.4 Skala Richter di wilayah pantai Timur. Gempa ini membuat warga dievakuasi karena ternyata bukan hanya gempa, namun gelombang tsunami mulai terjadi.

Melansir Liputan6, ada sebagian pihak yang menyebutkan jika gempa tersebut berkekuatan 7.8 Skala Richter. Dua jam berselang gempa, gelombang ombak tsunami datang. Sayangnya, menurut petugas, gelombang tersebut bisa diduga bukanlah yang terbesar.

Karena itu ada peringatan kemungkinan datangnya gelombang lain tiba dalam beberapa jam. Melalui sebuah pengukur yang dilansir Weatherwatch New Zealand, gelombang tsunami yang terjadi di utara Christchurch setinggi 2 meter.


Efek gempa di salah satu supermarket Selandia Baru (CNN)

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Sipil dan Manajemen Darurat Selandia Baru via akun Twitter resmi telah mengeluarkan perintah evakuasi pasca-gempa karena ancaman tsunami dimungkinkan terjadi.

Baca juga: 2021 Masih Pandemi? Berikut Destinasi Wisata Terbaik untuk Liburan

"Tsunami mungkin tiba di Pantai Timur di North Island dalam waktu dekat. Segera menyelamatkan diri ke pedalaman atau ke daerah yang lebih tinggi,"

Guncangan gempa yang terjadi pada tengah malam waktu setempat itu membuat warga teringat kembali pada gempa besar pada Februari 2011 yang menewaskan 185 orang. Evakuasi besar-besaran tengah dilakukan di sejumlah daerah, termasuk pusat Kota Wellington.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)