home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Telah Diramalkan Seminggu Lalu, Gempa & Tsunami Selandia Baru Berhubungan dengan 'Supermoon'?

Senin, 14 November 2016 12:21 by reinasoebisono | 5325 hits
Telah Diramalkan Seminggu Lalu, Gempa & Tsunami Selandia Baru Berhubungan dengan 'Supermoon'?
Image source: Telegraph.c

DREAMERS.ID - Gempa cukup kuat yang menggemparkan Selandia Baru atau New Zealand memang membuat beberapa wilayah dievakuasi karena membuat gelombang setinggi 2 meter naik ke permukaan. Peringatan tsunami lanjutan pun sempat dikeluarkan dan warga dihimbau untuk tidak bekerja pada pagi hari ini.

Berita terkini melansir Liputan6 adalah 2 orang tewas karena gempa dan kerusakan terjadi di beberapa titik pemukiman dan jalanan dilaporkan ada yang patah dan retak. Gempa berkekuatan 7.4 Skala Richter atau sebagian lagi menyebutnya 7.8 SR, terjadi pada pukul 12.02 siang waktu setempat.

Di tengah proses evakuasi, beredar sebuah status Facebook seseorang bernama Nigel Antony Gray yang diunggah pada 6 November lalu atau lebih tepatnya seminggu lalu. Peringatan itu menyebutkan jika gempa besar akan terjadi di daerah Pasifik Selatan. Nigel menyebutkan gempa tersebut akan terjadi pada 14 November hari ini, sedangkan gempa Selandia Baru terjadi kemarin.


Image source: Liputan6

"Peringatan: pada 14 November dan beberapa hari setelahnya akan terjadi gempa bumi besar, dan kemungkinan terjadi di Pasifik Selatan," tulis ramalan tersebut. "Alasannya karena 14 November akan terjadi Supermoon terbesar sepanjang abad ini," 

Nigel memberikan penjelasan jika fenomena Supermoon yang memang akan terjadi hari ini mengakibatkan peningkatan gravitasi oleh bulan. Tak hanya itu, Nigel juga sempat menyebutkan jika warga sebaiknya mempersiapkan bekal makanan dan air minuman. Terbukti dari laporan sejumlah supermarket yang kehabisan air karena krisis minum di beberapa daerah.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Namun Seismolog dari GNS, Dr. John Ristau mengatakan jika belum ada bukti yang menghubungkan antara fenomena Supermoon dan gempa bumi. Namun gempa ini terkait dengan getaran di cincin Pasifik.

"Di Bumi bagian sini, jika Anda berpikir tentang Selandia Baru, lantas menuju ke Samoa dan Fiji, lalu ke Salomon Islands dan Vanuatu serta wilayah terdekat termasuk Filipina di selatan Pasifik, gempa sebesar 7,8 SR pasti akan terjadi tiap tahunnya," kata Ristau.  "Jadi kebetulan saja gempa terjadi bersamaan dengan Supermoon,"

Lebih lanjut, Ristau mengungkapkan jika hingga kini belum ada teknologi yang mampu memprediksi pasti kapan gempa akan terjadi. Begitu juga dengan gelombang pasang tinggi yang berhubungan erat dengan kondisi bulan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)