home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kebanyakan Pesawat Berwarna Putih

Senin, 14 November 2016 23:00 by reinasoebisono | 3780 hits
Ternyata Ini Alasan Mengapa Kebanyakan Pesawat Berwarna Putih
Image source: Panorama Ma

DREAMERS.ID - Beda dengan mobil atau motor dengan segudang warna yang menghiasi bagian body di jalanan. Pesawat umumnya hanya berwarna putih, pun dilukis atau dicat warna-warni untuk branding atau musim tertentu.

Tidak kah kamu bosan melihat pesawat yang terbang di langit hanya berwarna putih? Bukankah menarik melihat warna-warni juga menemani awan dan birunya langit? Ternyata semua itu ada alasannya. Simak beberapa hal tersebut melansir Reservasi.

1. Menjaga Suhu

Selain warna putih adalah warna yang paling tahan lama pudar, bahkan walau sering terpapar sinar matahari. Ternyata warna selain putih juga mudah menyerap cahaya dan tentu saja panas. Warna putih dipilih karena akan membuat gelombang cahaya jatuh dan tidak terserap sehingga pesawat tak mudah panas dan suhu dalam pesawat tersebut pun tetap stabil.


Image source: Channel 4

2. Mengurangi Biaya Operasional

Dengan ukuran yang super besar, tentu membutuhkan biaya sangat mahal untuk memulas cat ke badan pesawat. Karena sekali mengecat pesawat membutuhkan biaya Rp600 Juta hingga 3 Miliar. Karena itu umumnya maskapai memilih warna dominan putih yang jadi warna dasar semua pesawat.

Baca juga: Heboh, 4 Anak Berhasil Bertahan Hidup di Hutan Amazon Pasca Kecelakaan Pesawat Cessna 206!

3. Mudah Dijual Lagi

Warna putih dan bersifat general alias umum akan lebih praktis dan ekonomis jika ingin dijual kembali. Percayalah hal mainstream tidak akan jauth harganya saat dijual. Hal ini juga sebenarnya berlaku untuk produk otomotif lainnya.

4. Kerusakan Mudah Terdeteksi

Warna putih juga memudahkan petugas atau teknisi untuk mengecek kondisi badan pesawat. Karena goresan atau retakan mudah terdeteksi jika warna putih. Korosi pada permukaan juga cepat ditemukan.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)