home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Intip Penampakan 'Supermoon' Indah Tadi Malam di Berbagai Langit Dunia

Selasa, 15 November 2016 14:30 by reinasoebisono | 1218 hits
Intip Penampakan 'Supermoon' Indah Tadi Malam di Berbagai Langit Dunia
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Ada yang sempat menyaksikan keindahan Supermoon alias bulan purnama besar yang diklaim paling terang dan paling dekat dengan bumi dalam puluhan tahun terakhir? Warga ibukota Jakarta memang mengeluhkan mendungnya cuaca hingga tak bisa maksimal memandanginya, namun ternyata ada beberapa lokasi yang menangkap pemandangan cantik tadi malam.

Keindahan Supermoon terbesar terakhir terjadi pada tahun 1948 karena Bulan berada dalam jarak paling dekat dengan Bumi, yaitu 356.509 kilometer. Sanur, Bali adalah lokasi yang berhasil mendapat dokumentasi menakjubkan dari bulan besar ini.


Supermoon di Sanur, Bali

Supermoon di ISS Turki

Tak mau ketinggalan, Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS, kosmodrom Baikonur di Kazakhstan juga jadi saksi bisu indahnya bulan kekuningan ini ‘memamerkan’ dirinya di langit biru malam yang cerah.

Baca juga: Catat Jadwal Supermoon Terakhir di Tahun 2022, Bareng Hujan Meteor

Warga Sydney juga antusias di Pelabuhan Sydney, Australia karena meski tidak bulat dan jelas, bulan tadi malam mengintip di sela-sela badan kapal yang berlabuh di dermaga. Plus, meski berawan, warga Turki tak ingin melewatkan momen fenomena langit yang tak akan terjadi lagi dalam waktu dekat ini.



Supermoon di Turki (atas) dan Pelabuhan Sydney

Bulan Super ini memang sempat ‘disalahkan’ akan menyebabkan beberapa bencana di bumi. Namun hal itu disanggah oleh para ahli astronomi. Meski menimbulkan pasang purnama, kenaikan tingginya air laut pun diklaim hanya 5 cm saja.

(rei/image: Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)