home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Tanaman 40 Tahun Tumbuh Tanpa Udara dan Air

Sabtu, 26 Januari 2013 07:00 by miko | 4705 hits
Wow, Tanaman 40 Tahun Tumbuh Tanpa Udara dan Air
dreamersradio.com

Mungkin bisa saja jika planet tak berpenghuni bisa menjadi hijau seperti di Bumi. Pasalnya jika kamu melihat tanaman dalam botol seperti biasa. Tapi tahukah kamu  kalau tanaman tersebut telah berusia 40 tahun dan tumbuh dalam botol yang diisolasi tanpa udara, dan hanya disiram satu kali.

Dilansir dari BBC, tanaman tersebut ditanam oleh David Latimer pada tahun 1960 silam. Kemudian ia mengisolasi botol tersebut pada tahun 1972 setelah menyiramnya dengan air untuk terakhir kalinya sebagai eksperimen. Namun tak disangka setelah 40 tahun, tanaman bernama Tradescantia ini bisa tumbuh.

Walau tak mendapatkan asupan air, rupanya tanaman tersebut tetap tumbuh berkat cahaya matahari. Proses fotosintesisnya di ubah menjadi energi untuk mengembangkan diri. Fotosintesis tersebut menghasilkan oksigen dan butiran air yang kemudian berfungsi sebagai hujan di dalam botol.

Baca juga: Wow, Jepang Ciptakan Bonsai yang Bisa Melayang di Udara!

“Botol ini saya letakkan 6 kaki di sebelah jendela sehingga mendapatkan sedikit cahaya matahari. Dia tumbuh menuju arah cahaya dan mengikuti alurnya sehingga akhirnya tumbuh lebat. Aku tidak pernah membentuknya, tampaknya pertumbuhannya itu sudah mencapai batas botol,” ungkapnya.

Eksperimen sang kakek ini pun langsung menarik perhatian ahli tanaman dan perkebunan saat diliput BBC.  Mereka menilai botol isolasi tersebut sebagai contoh menarik bahwa tanaman dapat membangun ekosistemnya sendiri untuk bertahan hidup. Tak heran, NASA memiliki obsesi untuk menanam tumbuhan di luar angkasa nantinya.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)