home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sebenarnya Unggul 2 Juta Suara, Mengapa Hillary Tetap Kalah Dari Donald Trump?

Jumat, 25 November 2016 09:00 by reinasoebisono | 2516 hits
Sebenarnya Unggul 2 Juta Suara, Mengapa Hillary Tetap Kalah Dari Donald Trump?
Image source: Newsweek/Dr

DREAMERS.ID - Kemenangan Donald Trump sebagai Presiden terpilih Amerika Serikat memang masih mengundang pembicaraan masyarakat dunia. Terlebih, karena fakta jika sesungguhnya sang rival, Hillary Clinton memiliki jumlah suara keseluruhan lebih banyak, sebanyak 2.017.563.

Jumlah ini tentu aneh bagi masyarakat di negara yang melakukan pemilihan langsung seperti Indonesia. Namun di Amerika, fakta tersebut adalah hal biasa dan memang mutlak karena sistem pemilu tak langsung beserta sistem penghitungan suaranya.

Sayangnya, tidak jadi soal berapa pun suara yang diperoleh Hillary, hal itu tak akan mengubah hasil pemilu, melansir Kompas. Jumlah suara itu terjadi karena setiap negara bagian memiliki jumlah atau ‘poin’ berbeda atau yang disebut electoral college.

Sebagai informasi, untuk menang, perlu memenuhi 270 dari 538 suara electoral. Dan poin-poin itu paling besar dari beberapa negara bagian berpengaruh. Faktanya, meski kalah suara, Trump menang di beberapa negara bagian yang berpengaruh pada electoral votes (EV)-nya, seperti Texas dengan 38 EV dan Florida dengan 29 EV.


Image source: 270towin

Baca juga: 'Chained to the Rhythm' Selamatkan Katy Perry dari Depresi Pasca Pemilu Presiden AS?

Hillary mendapat EV terbesar dari negara bagian California dengan poin 55. Diduga karena itu pula hingga kini masih ada warga California tak menerima hasil Trump yang dari Partai Republik memenangkan pemilu kali ini.

Karena itu, meski Hillary menang dalam suara nasional, tapi ia kalah dalam pemilu negara bagian berpengaruh, padahal hal itu yang menentukan seseorang menjadi presiden atau tidak. Meski menang, Trump sendiri pernah mengatakan kepada New York Times jika ia ‘lebih menyukai sistem suara terbanyak’ dan ‘tidak pernah menyukai lembaga perwakilan pemilih sampai sekarang ini’.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)