home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Doodle Hari Ini Kenang 'Pak Raden' Suyadi Sang Pencipta Boneka 'Si Unyil'

Senin, 28 November 2016 11:15 by fzhchyn | 2043 hits
Google Doodle Hari Ini Kenang 'Pak Raden' Suyadi Sang Pencipta Boneka 'Si Unyil'
Image source: Google

DREAMERS.ID - Sudah menjadi kebiasaan Google untuk selalu memunculkan tokoh-tokoh populer di halaman utamanya saat ada momen khusus. Dan pada hari ini (28/11) Google Doodle menampilkan tokoh asal Indonesia, Drs. Suyadi atau yang lebih dikenal sebagai Pak Raden si pencipta serial legendaris ‘Si Unyil’.

Dalam doodle yang terpampang, kita bisa melihat beberapa karakter dari serial ‘Si Unyil’ seperti Pak Ogah, Pak Raden, Meilani, dan Unyil tentunya. Dan di tengah-tengah mereka ada sebuah bingkai foto yang menggambarkan sosok Suyadi itu sendiri.


Image source: Google

Suyadi yang memiliki nama lahir Raden Soejadi adalah pencipta Si Unyil sekaligus memerankan tokoh Pak Raden. Suyadi yang merupakan seorang ilustrator handal tersebut lahir pada 28 November 1932 di Puger, Jember dan meninggal pada 30 Oktober 2015 lalu di usia 82 tahun.

Suyadi bisa dibilang sebagai salah satu tokoh yang berperan penting dalam pendidikan anak Indonesia. Ketika pertama kali memperkenalkan Si Unyil pada 1980-an, lulusan Seni Rupa ITB tersebut ingin stasiun televisi lokal diisi acara yang mendidik.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Melansir Kompas, Si Unyil sendiri bercerita tentang kondisi sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Unsur-unsur di dalam serial itu tak bisa dipisahkan dengan budaya populer yang berkembang hingga sekarang, seperti kemunculan kata-kata "hom-pim-pah alaiyum gambreng" atau "cepek dulu dong".

Karya Si Unyil sudah beberapa kali dibuat ulang untuk mencocokkan dengan perkembangan zaman. Versi orisinilnya dari 1981 hingga 1993, lalu dari 2002 hingga 2003 awal, dan pertengahan 2003 hingga akhir 2003.

Selain karya fenomenal Si Unyil, Suyadi juga pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)