home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Proses 70%, Ini Pengganti Ujian Nasional Yang Disiapkan Mendikbud

Jumat, 02 Desember 2016 13:00 by reinasoebisono | 1388 hits
Proses 70%, Ini Pengganti Ujian Nasional Yang Disiapkan Mendikbud
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang baru terpilih di reshuffle kabinet terakhir memang menggebrak dengan program yang mungkin sudah dinantikan pelajar seluruh Indonesia, menghapus Ujian Nasional alias UN.

Melansir Kompas, pihaknya mengaku sudah siap melakukan moratorium ujian nasional. Penggantinya adalah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dinyatakan telah siap 70%, tinggal ‘menggodok’ produknya saja.

Dalam konsep USBN, jenis soal tak lagi seluruhnya pilihan ganda. Melainkan dicampur dengan esai dengan jumlah soal pilihan ganda berkurang. Hal ini dilakukan guna mengasah kemampuan berpikir kritis para siswa.

Baca juga: UN 2020 Resmi Dibatalkan, Diganti Nilai Rapor Jadi Standar Kelulusan?

Uniknya, USBN nantinya bisa dilaksanakan tanpa kertas atau paperless yang bermanfaat untuk menghemat anggaran. Seperti UN berbasis komputer yang telah dijalankan beberapa tahun belakangan di beberapa daerah.

Menteri Pendidikan pun menyampaikan jika pihaknya baru menghitung anggaran pelaksanaan USBN. Namun ia memastikan anggaran ini tak membebani provinsi, kabupaten hingga kota karena menggunakan anggaran Kemendikbud dengan total mencapai Rp 1 Triliun.

"Tapi ini bukan anggaran USBN melulu, ada anggaran lainnya misalnya pembinaan guru," ujar Muhadjir. "Kami undang semua kepala dinas provinsi, kabupaten kota juga akan kami undang. Jadi kalau seandainya jadi kita tinggal siap,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)