home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jutaan Orang Tandatangi Petisi, Hillary Clinton Masih Bisa Gantikan Donald Trump Jadi Presiden?

Senin, 05 Desember 2016 11:00 by reinasoebisono | 7045 hits
Jutaan Orang Tandatangi Petisi, Hillary Clinton Masih Bisa Gantikan Donald Trump Jadi Presiden?
Image source: The Daily B

DREAMERS.ID - Sebanyak 4,6 juta orang sudah menandatangani petisi yang menyerukan agar Donald Trump dicopot dari presiden terpilih Amerika Serikat. Angka itu adalah yang terbesar dalam sejarah situs petisi Change.org.

Secara teori Trump dimungkinkan untuk dicopot sebagai presiden terpilih meski hal semacam itu tidak pernah terjadi dalam sejarah pemilu di Amerika. Hillary Clinton sebetulnya meraup lebih banyak suara dalam pemilu 8 November lalu ketimbang Trump, tapi akhirnya Trump yang terpilih karena sistem pemilu AS menghitung Electoral College.

Koran The Independent melaporkan, Ahad (4/12), petisi dengan tajuk "Jadikan Hillary Clinton Presiden" beralasan, perempuan 68 tahun itu harus jadi presiden karena dia meraih suara lebih banyak dan menyebut Trump tidak pantas jadi presiden AS.

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

Petisi kali ini dua juta lebih banyak ketimbang kampanye penghentian Festival Daging Anjing Yulin tiga tahun lalu.  Petisi yang dimulai dua hari setelah hari pemilihan ini digagas oleh Daniel Brezenoff.

Mereka yang setuju dengan petisi ini berangkat dari semangat bahwa hasil pemilu kemarin masih bisa berbalik. Sistem Electoral College mengharuskan setiap perwakilan negara bagian (elector) menyalurkan suaranya untuk menentukan siapa yang akan menjadi presiden AS baru. Setiap anggota perwakilan di negara bagian memang sepatutnya memilih capres yang menang di negara bagian tersebut, tapi secara teori mereka juga bisa berubah pikiran.

(rei)

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)