home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sulit Dilawan, Simak Cara Ampuh Usir Kantuk di Siang Hari

Selasa, 06 Desember 2016 13:30 by fzhchyn | 18241 hits
Sulit Dilawan, Simak Cara Ampuh Usir Kantuk di Siang Hari
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Sebagian besar orang pasti pernah merasakan sangat berenergi di pagi hari namun saat siang hari khususnya setelah makan siang tubuh merasa sangat lemas tak bersemangat dan mengantuk. Rasa kantuk ini menyerang tubuh tanpa bisa ditahan.

Jika tubuh merasa lelah di siang hari, sebenarnya itu adalah hal yang normal. Penyebabnya bisa terjadi karena pola tidur yang tidak benar, makanan yang dikonsumsi, atau waktu yang banyak dihabiskan untuk menatap layar komputer yang mengakibatkan mata lelah.

Dari pada memikirkan apa sebab mengantuk, lebih baik simak beberapa cara sederhana yang sehat berikut untuk mengusirnya dikutip dari laman Greatist.

1. Olahraga

Olahraga atau sekadar melakukan peregangan beberapa menit tidak hanya bisa menghalau rasa kantuk tapi juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Misalnya saat makan siang, pilih tempat yang agak jauh untuk berjalan. Atau sekadar berjalan-jalan ringan di sekitar tempat kerja.

2. Menjauh dari layar komputer

Jika dalam pekerjaan dituntut untuk menatap layar komputer terus menerus, maka untuk mencegah kelelahan mata usahakan beberapa saat menjauh dari layak komputer. Serta jangan terlalu dekat menatap layar dan gunakan peindung mata pada layar komputer jika diperlukan.

Sesekali melihat pemandangan ke luar jendela untuk melihat pepohonan atau sesuatu yang hijau untuk menenangkan ketegangan pada mata.

3. Mengobrol

Baca juga: Minum Kopi dan Hal Lainnya yang Pantang Dilakukan Saat Kurang Tidur

Mengusir kantuk juga bisa dilakukan dengan mengobrol dengan teman. Namun lakukan dengan menyapa atau mengobrol secara langsung bukan sekadar berbicara lewat pesan singkat atau aplikasi di komputer.

4. Air dingin

Meminum segelas air dingin atau mencuci muka dengan air dingin adalah salah satu cara ampuh untuk mengusir kantuk. Air yang dibasuhkan ke muka juga akan memperlancar peredaran darah dan membuat mata menjadi lebih segar.

5. Teh hijau hangat

Jika tak suka meminum air dingin, cobalah untuk menyeruput teh  hijau hangat. Teh hijau juga mengandung kafein seperti kopi namun dengan kadar yang lebih rendah sehingga efeknya pun tidak terlalu panjang sampai mengganggu siklus tidur. Belum lagi manfaat kesehatan dari teh hijau itu sendiri.

6. Ngemil

Cara ini memang cukup ampuh untuk mengusir kantuk namun sangat tidak disarankan bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Pilihan lainnya adalah mencari makanan kecil yang sehat dengan kadar kalori yang rendah. Setengah genggam kacang panggang, secangkir jus buah, atau beberapa potong buah segar bisa membuat tetap terjaga.

7. Tidur

Cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk adalah tidur. Pasang alarm selama 10-15 menit, dan nikmati tidur dalam arti sebenarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)