home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Lebih Bernutrisi, Ini Alasan Nasi Merah Tak Cocok Jadi Bahan Pembuat Sushi!

Kamis, 08 Desember 2016 12:15 by dodo07 | 2457 hits
Meski Lebih Bernutrisi, Ini Alasan Nasi Merah Tak Cocok Jadi Bahan Pembuat Sushi!
Image source: onegreenpla

DREAMERS.ID - Tidak sedikit orang yang percaya jika nasi merah memiliki nutrisi yang lebih baik dibanding nasi putih. Tak hanya ketika diet, kini telah banyak olahan makanan yang dibuat dengan campuran nasi ini. Namun, sebuah penelitian menyebutkan jika nasi merah sebenarnya tidak baik diolah menjadi bahan pembuat sushi. Benarkah?

Melansir Npr, ada 2 alasan kimia yang menjelaskan mengapa nasi merah pada sushi roll kurang enak baik rasa maupun tekstur. Pertama, nasi merah kaya serat dan nutrisi lain sehingga rasanya akan menutupi rasa ikan untuk sushi seperti tuna dan salmon.

Kedua, dari segi tekstur, beras merah lebih rendah akan pati amylopectin daripada bulir beras putih short grain. Hal itulah yang membuatnya tetap keras kenyal walau sudah matang dan akan terasa aneh jika menyantap sushi dengan keadaan nasi seperti ini.


Image source: flickr

Hal ini dikarenakan nasi merah dibuat dari beras merah yang masih berkulit ari sehingga rasanya lebih pera dan agak keras. Meskipun di pasaran juga dijual jenis nasi merah yang sudah disosoh, tetapi tekstur yang keras tidak cocok untuk sushi. Karena pada umumnya sushi memakai jenis beras Jepang short grain yang pulen lembut. 

Menurut para chef dari restoran berbintang Michelin, sushi roll yang ideal harus punya rasa dan tekstur seimbang dari tiap bahan yang digunakan. Mulai dari nasi dan ikan sampai sayuran dan saus. Meski demikian, saat ini masih banyak orang Amerika yang terus memesan sushi roll nasi merah sebagai pilihan sehat. 

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)