home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

NASA Rilis Foto Pulau Indonesia dari Angkasa, Begini Tampilannya!

Kamis, 08 Desember 2016 17:00 by Dits | 20242 hits
NASA Rilis Foto Pulau Indonesia dari Angkasa, Begini Tampilannya!
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Pada 1 November lalu, salah satu satelit milik nasa yakni Aqua Sattelite, lewat di atas perairan Indonesia. Dengan teknologi canggih bernama Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer, satelit ini berhasil mengabadikan gambar asli dari perairan Indonesia dengan tone warna yang presisi. Kebetulan satelit ini berada di atas selat Lombok.

Dilansir dari situs resmi NASA, gambar tersebut memperlihatkan Jawa Timur ditutupi oleh awan tebal, dengan bayangan sinar matahari di seluruh permukaan laut. Namun yang unik dari permukaan laut yang tak tertutup awan adalah warna lautnya yang perak.


Perairan di atas Bali hasil foto satelit NASA NASA
image source: NASA

Permukaan berwarna perak ini muncul karena fenomena bernama 'sunglint', sebuah efek optik yang disebabkan oleh pantulan layaknya cermin dari sinar matahari dari permukaan air yang ditangkap secara langsung oleh sensor satelit.

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

Efek sunglint ini sedikit banyak tak memperlihatkan warna asli dari laut yang tentu jika didekati akan berwarna biru. Namun karena fenomena ini, ada beberapa hal yang bisa terlihat meski biasanya satelit tak pernah menangkap. Berkat sunglint, gelombang yang diciptakan oleh pergerakan arus di laut jadi terlihat.

Jika mengamati gambar tersebut, terlihat di atas selat Lombok yang menghubungkan Bali dan Lombok, terdapat sebuah gelombang melengkung yang bentuknya seperti lambang Wi-Fi. Hal ini terjadi karena selat Lombok adalah lorong sempit yang menghadang aliran air dari Samudera Hindia. Pasca terhadang, gelombang berbentuk unik akhirnya tercipta dan NASA berhasil mengabadikannya.

(dits)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)