home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan, Kenali Gejala Dehidrasi Selain Haus

Rabu, 14 Desember 2016 11:00 by fzhchyn | 1666 hits
Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan, Kenali Gejala Dehidrasi Selain Haus
Image source: Harvard Health

DREAMERS.ID - Saat tubuh kekurangan asupan cairan atau dehidrasi, berbagai masalah bisa terjadi. Mulai dari yang paling ringan seperti pusing, tekanan darah yang menurun, tubuh gemetar, bahkan sampai bisa menyebabkan pingsan atau tak sadarkan diri.

Ternyata, gejala dehidrasi tak hanya bisa diketahui saat kamu merasa sangat haus. Dilansir dari laman Women’s Health, berikut adalah tiga kondisi lainnya yang bisa menjadi tanda tubun mengalami dehidrasi.

1. Pusing

Meski sudah minum banyak, tubuh kita secara konstan akan kehilangan cairan. Hal itu berarti kita juga kehilangan kandungan garam seperti natrium dan kalium dalam tubuh karena zat-zat tersebut terdapat dalam cairan tubuh.

Kehilangan kandungan garam dalam tubuh akan mengubah susunan kimiawi dalam darah. Sementara otak sangat sensitif terhadap perubahan, hal itu lah yang memicu kita merasa pusing. Sakit kepala yang dirasakan akan lebih buruk tergantung dari banyaknya cairang tubuh yang hilang.

Baca juga: Nggak Cuma Dehidrasi, Rasa Haus Juga Bisa Disebabkan Karena Ini

“Semakin banyak cairan yang hilang, volume darah dalam tubuh juga menurun, hal ini menyebabkan aliran oksigen ke otak juga berkurang,” ujar Greg Justice, penulis Mind Your Own Fitness.

2. Air seni berwarna kuning pekat

Alasan mengapa ini terjadi adalah karena urin lebih terkonsentrasi dengan kotoran. “Saat kamu terhidrasi (cukup cairan dalam tubuh), kotoran lebih mudah keluar,” kata Justice. Namun saat tubuh kekurangan cairan, kotoran akan sulit keluar.

3. Sembelit

Sama halnya dengan penjelasan sebelumnya, air membantu mengeluarkan kotoran dari tubuh melalui usus besar. Sehingga air sangat dibutuhkan dalam proses ini. Jadi pastikan agar tubuh tetap terhidrasi agar tak mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)