home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Mengapa Tubuh Merasa Gelisah Saat Gunakan Toilet Umum

Jumat, 16 Desember 2016 11:00 by fzhchyn | 1967 hits
Alasan Mengapa Tubuh Merasa Gelisah Saat Gunakan Toilet Umum
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Secara alami, saat tubuh merasa ingin buang air besar atau kecil, pasti akan langsung menuju kamar mandi. Tapi jika sedang di luar rumah seperti restoran atau tempat umum lainnya, tentu pergi ke toilet tidak semudah yang diucapkan, terutama bagi kaum wanita.

Perasaan gelisah dan tidak nyaman saat menggunakan toilet umum pasti pernah dialami kebanyakan orang, sehingga lebih memilih untuk menahannya sampai tiba di rumah atau tempat lainnya yang dirasa nyaman.

Menurut laman Women’s Health Mag, hal seperti itu mungkin saja terjadi dan kalaupun dipaksakan biasanya seseorang cenderung tidak bisa mengeluarkannya, dan berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Tak bisa buang air

Saat seseorang pergi ke toilet, otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mengendurkan otot-otot di anal sphincter, sehingga gas dan kotoran dalam tubuh bisa dikeluarkan. Tapi kadang, saat berada di tempat di mana otak merasa tidak nyaman, otak akan memberitahu otot-otot tersebut untuk tidak mengendur, dan hal ini banyak terjadi pada wanita.

Baca juga: Unik, Ilmuwan Korsel Olah Tinja Menjadi Listrik dan Pengguna Bisa Dapat Uang Digital

2. Cara agar rileks

Jika bisa menahannya selama beberapa jam hingga sampai di rumah, itu tidak menjadi masalah. Namun kadang menahan untuk membuang air akan membuatnya lebih sulit untuk keluar. Jadi cobalah untuk berjalan-jalan sebentar sampai otak merasa lebih santai.

Jika cara tersebut tidak berhasil, minum beberapa gelas air karena air akan mengisi kandung kemih dan otak akan menyadari kalau tubuh perlu untuk membuangnya.

3. Masalah lebih serius

Jika masalah ini juga terjadi di rumah, cobalah untuk memeriksanya apakah terjadi disfungsi di dasar panggul. Karena pada dasarnya, gangguan ini terjadi ketika komunikasi antara otak dan otot uretha tidak bekerja.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)