home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral di Media Sosial, 'Om Telolet Om' Ternyata Sudah Ada Sejak Bertahun-tahun Lalu

Rabu, 21 Desember 2016 16:40 by fzhchyn | 2398 hits
Viral di Media Sosial, 'Om Telolet Om' Ternyata Sudah Ada Sejak Bertahun-tahun Lalu
Image source: YouTube

DREAMERS.ID - Belakangan, netizen di dunia maya tengah diramaikan dengan fenomena “Om Telolet Om”. Saking viralnya dan banyak digunakan, kalimat dengan tiga kata ini bahkan sempat masuk jajaran trending topic dunia di Twitter.

Meskipun fenomena Om Telolet Om ini baru tenar sekarang, namun sebenarnya hal ini sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. “Om Telolet Om” sendiri merupakan kalimat yang diucapkan anak-anak bahkan orang dewasa di berbagai daerah saat menunggu bus antar-kota melintas.


Image source: Brilio

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak anak-anak meminta supir bus dengan sebutan om untuk membunyikan klakson mobil yang terdengar seperti bunyi telolet dengan berteriak atau membawa papan atau kertas bertuliskan “Om Telolet Om”.


Image source: Twitter/Instagram

"Sejak 5 sampai 6 tahun yang lalu, fenomena itu sudah ada," ujar Patra, seorang sopir bus pariwisata, saat ditemui di Taman Parkir Abu Bakar Ali Yogyakarta, mengutip laporan Kompas pada 13 Mei lalu.

Baca juga: Lagu Mellow Hingga Bahas 'Om Telolet Om' Buka Kehangatan Fanmeeting GOT7 di Jakarta

Menurut Patra, fenomena tersebut awalnya banyak terjadi di wilayah Jawa Timur sebelum merembet ke daerah lain. Dan sebagai seorang supir, dirinya pun sudah paham apabila ada orang yang memasang ponsel berkamera ataupun sekadar memberikan tanda dengan tangan, bahkan meneriakinya.

Dalam beberapa bulan terakhir, banyak video aksi anak-anak itu yang diunggah ke YouTube dan Facebook. Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, tak heran jika “Om Telolet Om” bisa viral tak hanya di Indonesia tapi juga sampai dunia hingga menimbulkan keheranan tersendiri bagi mereka yang tidak mengerti.

Bahkan fenomena “Om Telolet Om” juga menjadi pembahasan dan sorotan di beberapa media luar negeri. Seperti artikel yang ditulis Billboard.com. Laman tersebut menulis banyaknya musisi dunia yang memperbincangkan Om Telolet Om. "Dance Music World Completely Confounded By Trending Indonesian Meme 'Om Telolet Om'," tulis laman Billboard.com, Rabu (21/12).

FYI, klakson dengan bunyi telolet yang khas dan menjadi incaran para pemburu tersebut sebenarnya merupakan klakson variasi dan bukan bawaan pabrik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)