home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada 'Cyber Jihad' Yang Tengah Berkembang di Indonesia

Kamis, 22 Desember 2016 10:30 by reinasoebisono | 1177 hits
Waspada 'Cyber Jihad' Yang Tengah Berkembang di Indonesia
Image source: IB Times

DREAMERS.ID - Tak lagi secara frontal di kehidupan nyata, kini para pelaku ideologi radikal gencar merambah dunia digital untuk penyebaran ajarannya. Medium internet dianggap cepat, mudah dan menjaring banyak massa sehingga efektif karena minim filter atau penyaringan.

Hal itu yang disinggung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang mengatakan cyber jihad terus berkembang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ia juga menuturkan jika kepolisian butuh regulasi khusus untuk menangkal aktivitas virtual.

Cyber jihad dianggap berbahaya karena masuk salah satu tindak pidana terorisme. "Dunia maya di Indonesia memang memprihatinkan sehingga perlu ada regulasi yang kuat dan teknik lain di luar hukum," ujar Tito melansir CNN.

Penyelidikan dan penangkapan teroris yang dilakukan Densus 88 beberapa saat terakhir ini menunjukkan informasi jika pelaku melakukan teror dipicu oleh pengaruh dari internet. Contohnya adalah Muhammad Nur Solihin, terduga teroris yang diciduk di Bekasi, adalah orang yang menjadi radikal akibat aktivitas internet.

"Kelompok teror melakukan rekrutmen dan pelatihan tidak lagi secara fisik tapi online. Dalam kasus Solihin, semua itu online, bagaimana membuat bom panci," tutur Tito.

Untuk menangkal cyber jihad, kepolisian pun membentuk pasukan khusus yang juga bergerilya di dunia maya, dengan sebutan cyber army. Tak hanya mengintai, namun tim tersebut juga mampu melakukan serangan siber.

Tindakan ini juga mendapat dukungan dan akses luas dari Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk sejumlah lembaga dalam memerangi penyebaran ajaran radikal di internet. Para remaja dan anak muda yang notabene adalah pengguna internet terbanya dihimbau untuk melakukan filter sendiri terhadap informasi yang tersebar agar tak mudah terjerumus ke dalam ranah terorisme.

(rei)

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)