home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Lagi Bebas, Catat Waktu Kunjungan ke Candi Borobudur Mulai Tahun 2017

Jumat, 06 Januari 2017 16:00 by reinasoebisono | 2423 hits
Tak Lagi Bebas, Catat Waktu Kunjungan ke Candi Borobudur Mulai Tahun 2017
Image source: Travel Moodz

DREAMERS.ID - Pengelola Candi Borobudur telah mengumumkan hal baru terkait kunjungan wisatawan ke salah satu lokasi yang pernah masuk 7 keajaiban dunia itu. Namun bukan jam kunjungan yang akan dibatasi per tahun 2017. Lantas apa?

Mengutip Reservasi, direktur utama PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono menerangkan jika Candi Buddha yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini tak hanya lokasi wisata biasa, namun salah satu warisan yang harus dirawat dan dilestarikan.

Karena itu, pihak pengelola akan membatasi durasi kunjungan wisatawan sebagai upaya melestarikan candi peninggalan dari Raja Samaratungga saat zaman dinasti Syailendra hingga masa yang akan datang.

Baca juga: Himbauan Jokowi Soal Pembatasan Jumlah Pengunjung Candi Borobudur

“Kami tak membatasi jumlah wisatawan namun cuma limitasi waktu kunjungan, kira-kira 30-40 menit di atas candi. Ini menjadi bagian dari strategi konservasi Candi Borobudur,” ungkap Edi.

Tak hanya itu, ke depannya Candi Borobudur akan meningkatkan mutu keamanan berwisata dengan memasang teknologi secara online. Gerak-gerik wisatawan bisa dideteksi dan diawasi oleh pihak pengelola. Berbentuk chip, teknologi ini akan dipasang di beberapa titik.

Untuk para wisatawan, nantinya akan ada aplikasi pembantu yang bisa diakses dari gadget masing-masing. Selain bisa mengetahui di mana posisinya berada, wisatawan bisa mendapat banyak informasi serta petunjuk dari sana. Menariknya, akan ada panduan yang dilengkapi dengan pilihan 27 bahasa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)