home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siap Digelar, Ini 6 Segmen Debat Kandidat Pilkada DKI yang Perlu Diketahui

Senin, 09 Januari 2017 16:30 by reinasoebisono | 1309 hits
Siap Digelar, Ini 6 Segmen Debat Kandidat Pilkada DKI yang Perlu Diketahui
Image source: PKS-Jakarta.or.id

DREAMERS.ID - Meski beberapa stasiun TV sempat menggelar debat calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jakarta, namun debat paling ditunggu adalah yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Debat kandidat pemilihan kepala daerah DKI Jakarta ini akan digelar 13 Januari mendatang.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno pun membocorkan jika debat yang diperkirakan akan berlangsung ‘panas’ itu terbagi dalam 6 segmen. Beberapa stasiun TV pun akan menyiarkannya secara live. Berikut adalah tahapannya :

Segmen 1 Pemaparan Visi Misi
Di segmen ini, belum ada debat. Namun setiap pasang calon pemimpin Jakarta akan memaparkan visi misinya jika terpilih pada saat pemilu nanti.

Segmen 2 Pendalaman Visi Misi
Di segmen ini, setiap pasang akan diberikan pertanyaan oleh moderator terkait visi misi yang dipaparkan di segmen sebelumnya. Di beberapa pemilihan, segmen ini sedikit banyak menentukan kelayakan dan kepatutan pasangan di mata pemilih

Segmen 3 Permasalahan Jakarta
Masih belum ada debat antar pasangan, pertanyaan maish berasal dari moderator yang terfokus pada permasalahan di Jakarta. Temanya bisa menyangkut sosial-ekonomi, pendidikan-kesehatan hingga lingkungan-transportasi.

Baca juga: Punya Keunggulan Masing-masing, Ini Kata Pakar Soal Adu Program Hunian Ahok dan Anies Saat Debat

Segmen 4 Saling Lempar Pertanyaan
Di segmen ini akan semakin seru karena setiap pasang calon diperbolehkan memberikan pertanyaan pada pasangan lain. Hanya saja belum terjadi debat, prosesnya hanya memberi pertanyaan lalu dijawab oleh yang bersangkutan.

Segmen 5 Debat Antar Calon
Di sini, debat sebenarnya akan terjadi karena setiap pasangan calon bisa saling mendebat pernyataan dari pasangan lain. Namun Sumarno mengatakan jika debat akan tetap diatur. Para pasangan pun dilarang melontarkan kalimat sensitif yang menyinggung SARA.

Segmen 6 Penutup
Mirip dengan segmen 4, di segmen terakhir ini setiap pasang diperbolehkan memberi pertanyaan penutup kepada pasangan lain.

Sementara itu, Sumarno mengatakan lebih lanjut jika materi debat masih disusun dan diperdalam oleh tim panelis yang terdiri dari sejumlah pakar yang sudah dipilih. Debat tanggal 13 Januari nanti akan dihadiri ketiga pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful dan Anie Baswedan-Sandiaga Uno.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)