home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Latih Anggota FPI Bela Negara, Mantan Dandim Lebak Dipanggil Komisi I DPR

Kamis, 12 Januari 2017 08:00 by Dits | 1295 hits
Latih Anggota FPI Bela Negara, Mantan Dandim Lebak Dipanggil Komisi I DPR
image source: instagram/dpp_fpi

DREAMERS.ID -Komando Distrik Militer (Dandim) Lebak, Banten, beberapa waktu lalu menggelar pelatihan bela negera bersama Front Pembela Islam (FPI) pada 5-6 Januari 2017. Mengutip Tempo, kegiatan tersebut berlangsung di salah satu pesantren di Lebak, Banten dengan jumlah peserta 120 orang dari FPI.

Atas hal tersebut Komisi I DPR rencananya akan memanggil Dandim, Letkol Czi Ubaidillah. Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Hanura Nurdin Tampubolon mengatakan pemanggilan ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kita akan panggil Dandimnya kelihatannya seperti itu. Akan kita gali (pelatihan bela negara FPI itu)," kata Nurdin di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1) mengutip Merdeka.

Baca juga: Habib Rizieq Ditahan Usai Jadi Tersangka Dua Kerumunan Acaranya

Nantinya Komisi I akan meminta keterangan Letkol Czi Ubaidillah terkait prosedur pelatihan bela negara yang dilakukan tersebut. "Yang penting kepastian bela negara itu apakah ada unsur-unsur yang di situ ada yang sesuai dengan bela negara itu," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Letkol Arh M Desi Ariyanto mengungkapkan kalau latihan ini menyalahi prosedur karena Dandim Letkol Czi Ubaidillah tidak melapor kepada atasnya.

"Ditemukan kesalahan prosedur yaitu Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan Bela Negara," kata Desi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/1).

Lebih lanjut, Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal TNI Muhammad Herindra pun lantas mengambil tindakan dengan memberikan sanksi yakni dicopotnya jabatan anak buahnya tersebut.

"Pangdam memutuskan memberikan sanksi kepada Dandim Lebak yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru," ujarnya.

Sementara itu, Desi menegaskan kalau latihan yang digelar TNI dengan anggota FPI bukan lah kegiatan militer karena dikemas dalam bentuk outbond. Dalam agendanya juga hanya diajarkan baris-berbaris untuk menanamkan disiplin, ceramah bidang hukum, pemahaman wawasan kebangsaan, dan pemahaman UUD 1945.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)