home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bos Samsung Jalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka Terkait Skandal Korupsi Presiden Korsel

Jumat, 13 Januari 2017 16:04 by muthiasp | 2231 hits
Bos Samsung Jalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka Terkait Skandal Korupsi Presiden Korsel
Image source: Yonhap

DREAMERS.ID - Proses penyidikan skandal penyalahgunaan kekuasaan mengarah korupsi yang melibatkan Park Geun Hye dan sahabatnya Choi Soon Sil masih terus berjalan. Dilansir dari Reuters (13/01), pimpinan Samsung diperiksa sebagai tersangka atas keterlibatannya dalam kasus tersebut.

Kejaksaan Korea Selatan memanggil Lee Jae Yong atas dugaan Samsung memberikan uang dalam jumlah besar kepada bisnis dan yayasan yang dijalankan oleh Choi Soon Sil. Dilaporkan outlet berita Yonhap (13/01), kejaksaan menduga Samsung mendukung Choi demi memuluskan rencana merger dua anak perusahaan Samsung pada 27 Juli 2015.

Proses merger saat itu sangat kritikal karena harus dipastikan proses transfer kekuasaan kepada ahli waris berjalan mulus. Berdasarkan keterangan pihak kejaksaan, Lee yang menjalani pemeriksaan selama 22 jam sejak Kamis (12/01), membantah tuduhan tersebut.

Baca juga: Total Sudah 33 Tahun, Jaksa Minta Hukuman Penjara Mantan Presiden Park Geun Hye Ditambah

Samsung sendiri diketahui menandatangani kontrak sebesar 22 miliar won pada bulan Agustus 2015 dengan perusahaan berbasis Jerman yang dimiliki oleh Choi dan diduga mengirim sejumlah uang lagi, yang digunakan untuk membiayai pelatihan berkuda putri Choi Soon Sil.

Selain itu, mereka juga menyumbangkan 20,4 miliar won untuk dua yayasan yang diduga terkait dengan Choi Soon Sil, yang didirikan pada Oktober 2015 dan Januari 2016, dan menjadi penyumbang terbesar bagi Mir dan K-Sports, organisasi yang didirikan untuk mempromosikan budaya Korea ke luar negeri dan mendukung olahraga lokal.

Tim penyelidik pun masih terus menggali informasi apakah Park Geun Hye ikut terlibat langsung. Pasalnya, pada 25 Juli tahun lalu keduanya sempat bertemu secara pribadi, tetapi terus menyatakan bahwa tidak ada tekanan untuk menyumbang ke Mir dan K-Sports. Kejaksaan juga mempertimbangkan apakah akan mengeluarkan surat penahanan terhadap Bos Samsung tersebut.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)