home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Digunakan untuk Edit 'Pedang Goblin', Aplikasi Meitu Dianggap Mencurigakan

Selasa, 24 Januari 2017 11:30 by fzhchyn | 6258 hits
Banyak Digunakan untuk Edit 'Pedang Goblin', Aplikasi Meitu Dianggap Mencurigakan
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dalam beberapa pekan terakhir, aplikasi edit foto Meitu tengah viral dan banyak digunakan netizen karena keunikan filter yang ditawarkan. Aplikasi buatan Cina ini memungkinkan penggunanya untuk ‘mempercantik’ foto dengan filter seperti karakter animasi dan manga atau komik Jepang.

Tak hanya itu, demam drama Goblin yang tengah melanda juga membuat aplikasi Meitu ini banyak digunakan untuk mengedit foto layaknya seorang Goblin dengan sebuah pedang yang tertancap di dadanya. Yap, dengan cukup menempelkan sticker pedang yang tersedia, pengguna sudah bisa bergaya a la makhluk imortal tersebut.

Namun di balik kepopulerannya, aplikasi ini memicu pertanyaan karena meminta begitu banyak data pengguna saat akan diunduh dari App Store atau Google Play. Aplikasi itu juga dinilai mengandung beberapa kode yang mencurigakan, seperti yang dilansir Tempo.

Meski hanya aplikasi foto, Meitu akan meminta izin untuk mengakses kamera (untuk mengambil gambar), penyimpanan telepon (untuk mengedit gambar yang tersimpan di ponsel), dan beberapa akses Internet. Tak hanya itu, Meitu juga ingin mengakses lokasi dan nomor telepon, untuk secara otomatis berjalan sendiri saat startup, dan banyak lagi.

Menanggapi hal tersebut, Eric Villines, VP Global Communications Meitu, menyebutkan bahwa Meitu menjaga setiap data pribadi para pengguna secara serius. “Satu-satunya tujuan Meitu mengumpulkan data adalah untuk mengoptimalkan kinerja, efek dan fitur aplikasi, serta untuk lebih memahami keterlibatan konsumen kami dengan iklan dalam aplikasi. Meitu tidak menjual data pengguna dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Meitu menyebutkan mengikuti pedoman pengembang Apple, sementara izin yang diminta oleh Meitu untuk Android mirip dengan yang ditemukan pada aplikasi editing foto yang paling populer.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)