home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Bersihkan Freezer Tanpa Merusaknya

Jumat, 01 Februari 2013 17:14 by miko | 3276 hits
Tips Bersihkan Freezer Tanpa Merusaknya
dreamersradio.com

Berbicara tentang kuliner tentu tidak sebatas bumbu, tetapi peralatan pendukung juga harus diperhatikan. Freezer merupakan salah satu bagian dapur yang sering diabaikan. Karena selalu beku, freezer memang tidak mudah bau, tetapi tentunya ketika kamu membersihkan kondisi sangat kotor.

Membersihkan freezer tidak semudah membersihkan peralatan dapur lainnya, karena jika tidak tahu cara membersihkannya akan merusak freezer itu sendiri. Dilansir dari Howtocleanstuff, berikut cara membersihkan freezer:

Keluarkan isi freezer
Jelas, sulit membersihkan freezer yang berisi banyak makanan. Kamu perlu mengeluarkan semua makanan di dalamnya. Buang yang sudah lama tersimpan, yang rusak, atau yang sudah tidak ingin dimakan lagi.

Jika freezer tergolong besar dan berisi banyak makanan, maka simpan sementara di freezer lain karena membutuhkan waktu lebih lama membersihkan freezer yang masih berisi makanan. Atau, simpan di lemari pendingin jika hanya beberapa barang, tentunya dengan suhu yang cukup dingin. Jika freezer dan lemari pendingin jadi satu kulkas, maka segera gunakan makanan yang mudah rusak, seperti susu dan telur, sebelum membersihkannya.

Buang bunga es freezer
Setelah makanan dikeluarkan, jauhkan dari dinding dan buka tutup pintu freezer. Menghilangkan bunga es bisa memakan waktu setengah jam hingga sejam, tergantung pada sebarapa banyak bunga es yang menumpuk pada dinding bagian dalam freezer.

Jangan biarkan freezer begitu saja ketika bunga es mulai mencair karena bisa terjadi penumpukan air pada bagian bawah freezer. Sebaiknya segera lepaskan dan buang bunga es yang mulai longgar dari dinding freezer menggunakan spatula. Gunakan sendok atau ember kecil untuk mengeluarkan genangan air yang tertampung di dalam freezer. Usapkan handuk untuk menyerap sisa air dan peras di wastafel.

Untuk mempercepat proses pencairan, gunakan pengering rambut atau dua mangkuk air mendidih untuk menghangatkan bunga es. Dan, sebaiknya tutup pintu freezer saat menggunakan cara ini. Kamu harus berhati-hati jika menggunakan kedua cara ini, jangan sampai melukai diri sendiri. Jika khawatir, maka gunakan cara lama.

Lap freezer
Setelah semua makanan dan bunga es keluar,kemudian bersihkan dinding atas, samping, dan bawah freezer. Hal pertama yang harus dilakukan adalah bersihkan sisa sayuran atau makanan lainnya yang menempel, singkirkan dengan tangan atau gunakan sarung tangan karet jika tidak ingin menyentuhnya langsung.

Untuk menyeka sisa tumpahan makanan, gunakan air hangat atau cairan cuka pada dinging dan sisi bawah freezer. Cara termudah, isi wastafel atau mangkuk besar dengan air hangat dan cairan pembersih lalu celupkan spons atau kain setiap kali selesai mengusap dinding freezer. Jika terdapat rak di dalam freezer, maka keluarkan dan cuci di wastafel.

Bilas dengan air bersih, untuk sela-sela yang sulit dibersihkan guna spon, kain, atau sikat gigi. Jika tetap membadel maka celupkan terlebih dahulu sikat gigi dalam larutan pemutih dengan perbandingan 1 pemutih dan 3 air. Larutan ini juga berguna untuk menghilangkan jamur.

Menghilangkan bau
Setelah freezer bersih, hilangkan bau dengan cara menggosok area permukaan freezer dengan campuran air dan baking soda. Kamu dapat mencegah freezer beraroma tidak sedap dengan segera membersihkan tumpahan makanan atau membuang makanan yang rusak setiap pekan.

Keringkan freezer
Gunakan lap kering atau tisu dapur untuk mengeringkan bagian dalam dan luar freeer. Masukkan kembali rak yang telah dicuci dan dikeringkan ke dalam freezer. Atau bisa melapisi dinding freezer dengan menyemprotkan cooking spray tanpa rasa atau gliserin. Cara ini berfungsi agar bunga es tidak dapat menempel pada dinding dan proses pencairan bunga es tidak sulit.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)