home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diprediksi Hujan Lebat Hingga 4 Februari Mendatang, BMKG Peringatkan Warga di Beberapa Daerah Ini

Senin, 30 Januari 2017 13:10 by dodo07 | 1559 hits
Diprediksi Hujan Lebat Hingga 4 Februari Mendatang, BMKG Peringatkan Warga di Beberapa Daerah Ini
Image source: tribunnews

DREAMERS.ID - Sesuai jadwal, saat ini negara Indonesia memang tengah memasuki musim penghujan. Itulah sebabnya, sejak beberapa hari yang lalu dilaporkan jika hujan telah turun dari intensitas rendah hingga tinggi di berbagai daerah di tanah air.

Melansir Detik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun belum lama ini mengeluarkan prediksinya jika hal tersebut akan berlangsung hingga tanggal 4 Februari mendatang. Mereka juga sempat memperingatkanbeberapa daerah yang kemungkinan akan berpotensi turun hujan dengan intensitas tinggi.

Wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat antara lain ada Aceh, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara,dan Papua.

Selain itu, ada pula daerah yang berpotensi hujan disertai petir dan kilat, yakni Aceh, Kep. Riau, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Baca juga: Ternyata BRIN & BMKG Beda Pendapat Soal Tornado dan Puting Beliung di Rancaekek!

“Diperkirakan pada periode 30 Januari-4 Februari 2017, wilayah Lampung bagian selatan, Banten, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah dan Timur bagian selatan, Bali, NTB, dan NTT, Sulawesi Selatan dan Barat, merupakan wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi," ujar Kasubid Informasi BMKG Harry Tirto

Menurut Harry, hal ini dikarenakan saat ini, terjadi aktivitas monsun Asia dan interaksinya dengan gelombang tropis serta kondisi sirkulasi angin di Indonesia menjadi peristiwa mendukung pembentukan awan hujan.Kondisi ini akan sangat berimbas untuk beberapa daerah di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

Terkait indikasi potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang, pihak BMKG sangat menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati. Pasalnya kondisi ini cukup rentan memicu terjadinya bencana alam.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)