home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Donald Trump Pecat Jaksa Agung yang Menentang Larangan untuk Muslim

Selasa, 31 Januari 2017 17:20 by Dits | 2150 hits
Donald Trump Pecat Jaksa Agung yang Menentang Larangan untuk Muslim
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Presiden Donald Trump secara resmi memberhentikan Jaksa Agung Sally Yates pada Senin (31/1) malam waktu setempat. Pemecatan tersebut terkait penolakan Yates atas perintah eksekutif Trump yang melarang pemberian visa bagi imigran dari tujuh negara Muslim (Muslim ban) yakni Iran, Irak, Suriah, Yaman, Somalia, Sudan, dan Libya.

Mengutip Daily Mail, Yates dituding sebagai penghianat karena memerintahkan para jaksa di Departemen Kehakiman untuk tidak membela perintah eksekutif atau instruksi presiden soal keimigrasian yang terbilang kontroversial tersebut.

"Pelaksana tugas Jaksa Agung, Sally Yates, telah mengkhianati Departemen Kehakiman dengan menolak untuk menegakkan hukum yang dibuat untuk melindungi warga AS," tulis pernyataan Gedung Putih, seperti dirilis Agence France-Presse, Selasa (31/1).


image source: nytimes.com

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

Setelah Yates dipecat, sosok Dana Boente langsung dilantik dan diambil sumpah sebagai pelaksana tugas Jaksa Agung. Boente lantas memerintahkan para jaksa di Departemen Kehakiman untuk tetap mendukung aturan keimigrasian yang telah diterapkan oleh Trump.

"Presiden Trump membebaskan Yates dari tugasnya dan kemudian mengangkat Dana Boente, jaksa AS di Distrik Timur Virginia, sebagai pelaksana tugas Jaksa Agung sampai Senator Jeff Sessions (kandidat Jaksa Agung) akhirnya disetujui Senat."

Sally Yates merupakan pejabat yang diangkat jelang Presiden Obama lengser dari kursi Presiden Amerika Serikat. Dengan tegas, Yates menjelaskan kalau dirinya tak yakin perintah eksekutif yang diterapkan Trump sesuai dengan hukum.

(dits/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)