home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mantan Sekjen PBB Ban Ki Moon Batal Calonkan Diri Jadi Presiden Korsel, Apa Alasannya?

Kamis, 02 Februari 2017 23:00 by reinasoebisono | 1460 hits
Mantan Sekjen PBB Ban Ki Moon Batal Calonkan Diri Jadi Presiden Korsel, Apa Alasannya?
Image source: Today Online

DREAMERS.ID - Negeri ginseng Korea Selatan sedang dilanda krisis sejak terungkapnya skandal Presiden Park Geun Hye soal adanya campur tangan orang terdekat bernama Choi Soon Sil yang mengarah pada kasus korupsi. Kasus ini akhirnya berujung pada pemakzulan Presiden Park dari jabatannya.

Di tengah kekisruhan itu, Mantan Sekjen PBB selama 10 tahun, Ban Ki Moon melepaskan jabatannya dan membuat dirinya berada di puncak jajak pendapat untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Kalangan konservatif menganggap dirinya sebagai calon potensial presiden bahkan sebelum jabatannya berakhir pada Desember tahun lalu.

Namun dengan rasa kecewa, Ban Ki Moon mengungkapkan pembatalan mencalonkan diri sebagai presiden karena begitu banyak pemberitaan palsu yang negatif menerpa dirinya. Melansir Berita Satu, ia kecewa kepada sejumlah politisi yang menjegalnya dan menjadikan dirinya subyek fitnah.

“Dengan semua berita palsu, niat saya atas perubahan politik tidak terlihat dan semua yang tersisa hanya kesan buruk untuk keluarga dan diri saya, dan demi kehormatan PBB, tempat saya menghabiskan waktu selama 10 tahun terakhir,” kata Ban.

Memang bukan hanya Ban Ki Moon, namun tokoh yang mencalonkan diri sebagai presiden menggantikan Park Geun Hye semuanya berasal dari partai oposisi yang mengharapkan kedekatan dengan Tiongkok bahkan Korut, dibandingkan dengan Amerika dan Jepang.

Sementara itu, nasib Park Geun Hye berada di tangan Mahkamah Konstitusi. Jika mosi pemakzulannya disetujui, dirinya akan diminta berhenti dan pemilu akan digelar dua bulan kemudian. Keputusan MK ini diperkirakan keluar di akhir bulan Februari atau awal Maret.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)