home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Transparan dan Berbeda, Hitung Cepat Pilkada Versi KPU Akan Selesai dalam 3 Hari

Rabu, 08 Februari 2017 10:30 by reinasoebisono | 1068 hits
Transparan dan Berbeda, Hitung Cepat Pilkada Versi KPU Akan Selesai dalam 3 Hari
Image source: Poskota News

DREAMERS.ID - Sejak melakukan pemilu langsung, banyak lembaga yang melakukan kegiatan hitung cepat atau quick count karena hasil hitung cepat resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus detail, akurat dan memakan waktu lebih lama. Namun di Pilkada serentak kali ini, KPU mengklaim akan memberi hasil yang lebih cepat.

Berbeda dengan quick count lain yang bisa memberikan ‘gambaran’ hasil pemilu pada hari yang sama, quick count dari KPU nanti diklaim akan tuntas dalam waktu 24 hingga 72 jam pasca pemungutan suara.

"Transparan. Akan dipublikasikan scan formulir C1, formulir rekap kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, rekapitulasi dalam format excel, dan hitung cepat berdasarkan form C1. Itu akan dipublikasikan di pilkada2017.kpu.go.id," kata Ketua KPU RI Juri Ardiantoro.

Baca juga: Simpang Siur Ahmad Dhani Bebas Hari Ini Atau Desember Nanti, Akan Langsung Maju Pilkada?

Meski memberikan gambaran, KPU menyebutkan jika hasil hitung cepat berdasarkan scan C1 tidak bersifat final. Hasil resmi Pilkada dapat diketahui dari scan Formulir DB1 atau DC1 dan dapat diakses secara publik via laman Pilkada 2017.

Tak hanya hasil suara, namun penyelenggara pemilu juga memberikan laporan keamanan dari beberapa daerah karena hal tersebut menjadi perhatian besar dalam beberapa hari terakhir. Pengerahan pasukan pengamanan ke beberapa daerah rawan pun sudah dilakukan jelang masa pemungutan suara.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)