home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Khawatir, Lakukan Hal Ini Jika Tak Dapat Undangan Pemilih Saat Pilkada

Minggu, 12 Februari 2017 17:00 by reinasoebisono | 1618 hits
Jangan Khawatir, Lakukan Hal Ini Jika Tak Dapat Undangan Pemilih Saat Pilkada
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Hari pencoblosan pilkada serentak akan segera dilaksanakan dan tinggal menghitung hari. Gaung untuk jangan golput pun kerap dikumandangkan, namun tidak sedikit warga yang khawatir akan hak pilihnya tidak terdaftar.

Melansir Liputan6, warga yang tidak mendapat surat undangan memilih atau formulir C6 pun tidak perlu khawatir kehilangan hak pilihnya. Karena meski tidak mendapatkan atau kehilangan, warga dipersilahkan datang dengan membawa dokumen penting lainnya.

"Jika tidak memiliki surat undangan memilih, baik karena kehilangan ataupun tidak mendapat sama sekali dari panitia pemilihan setempat di desa masing-masing, cukup membawa e-KTP ataupun paspor untuk dilihat dan dicocokkan dengan daftar pemilih di desa masing-masing," kata Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, Dedy Syahputra.

Baca juga: Simpang Siur Ahmad Dhani Bebas Hari Ini Atau Desember Nanti, Akan Langsung Maju Pilkada?

Karena menurut Dedy, jika seseorang telah memiliki hak pilih, datanya akan tetap ada menurut lokasi domisili atau tempat tinggal. Datanya pun dapat dicocokkan dengan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.

Lain lagi jika kasusnya adalah tidak mengetahui di mana lokasi pasti harus mencoblos. Warga hanya cukup menemui Panitia Pemungutan Suara di desa masing-masing untuk memeriksanya lebih lanjut. Karena, petugas KPPS serta anggota Linmas setempat wajib memberikan arahan dan membantu pemilih menggunakan suaranya.

Akan tetapi, jika KTP yang dimiliki belum bersifat elektronik atau E-KTP, diharuskan rekam data terlebih dahulu ke kelurahan. Menurut informasi yang disampaikan Calon Gubernur Petahana Ahok, warga meminta surat keterangan dari Dukcapil dan ke TPS dengan membawa Kartu Keluarga (KK) asli.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)