home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Mengapa Sarapan dengan Menu Olahan Telur Baik untuk Kesehatan

Jumat, 17 Februari 2017 10:00 by fzhchyn | 3384 hits
Alasan Mengapa Sarapan dengan Menu Olahan Telur Baik untuk Kesehatan
Image source: food52.com

DREAMERS.ID - Banyak orang percaya bahwa telur mengandung kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Namun, saat para ilmuwan Universitas Wake Forest melakukan penelitian ilmiah, mereka tidak menemukan hubungan antara mengonsumsi telur dengan penyakit jantung.

Pada kenyataannya, para ahli kesehatan terkemuka menyebut telur sebagai makanan yang sempurna. Bagian putih dan kuning bekerjasama untuk menyediakan vitamin penting, lemak sehat, mineral, dan nutrisi lainnya. Semua berada dalam satu paket makanan yang rendah kalori.

Nah bagi kamu yang lebih suka mengkonsumsi sereal atau menu sarapan lainnya, menggantinya dengan olahan telur sepertinya akan lebih menyehatkan karena memiliki berbagai manfaat seperti yang dilansir laman Prevention berikut.

1. Meningkatkan mood

Telur mengandung asam lemak omaga 3, seng, vitamin B, dan iodia. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu melawan kelelahan dan mengembalikan suasana hati yang buruk alias bad mood.

2. Menutrisi otot

Mengandung protein yang dapat melindungi otot serta merupakan makanan yang rendah kalori. Kandungan vitamin B-12 di dalamnya juga membantu otot berkontraksi. Namun, jangan tertipu dengan kata 'alami' pada kemasan atau karton telur. Ayam organik bisa berasal dari ayam yang diberi antibiotik dan pakan rekayasa genetika. Ini adalah dua hal yang dilarang dalam telur organik.

3. Melawan kanker

Baca juga: Banyak Ditampilkan Dalam Drama, Ini Beragam Menu Sarapan Orang Korea

Perempuan yang mengkonsumsi makanan yang tinggi kolin seperti yang terkandung dalam telur, memiliki 24% risiko lebih kecil dalam pengembangan kanker payudara. Sebagian besar kolin tersebut ada dalam kuning telur.

4. Menutrisi otak

Selain bermanfaat bagi otot, telur juga memiliki manfaat untuk otak. Kandungan kolin di dalamnya dapat membuat memori tetap tajam sekaligus meningkatkan peleasan asetilkolin, neurostransmiter yang membantu otak menyimpan dan mengingat informasi lebih baik.

5. Menyehatkan penglihatan

Telur adalah sumber makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. Pastikan untuk memakan bagian kuning telur. Untuk khasiat perlindungan mata lebih ampuh, campurkan sayuran kale dan bayam yang kaya lutein dan zeaxanthin ke dalam omelet.

6. Menjaga berat badan

Para peneliti dari Universitas Negeri Louisiana menemukan bahwa orang gemuk yang memilih telur sebagai sarapan, setidaknya lima kali dalam satu minggu, kehilangan sekitar 65 persen berat. Ilmuwan Universitas Saint Louis melaporkan, makan telur di pagi hari menyebabkan seseorang makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)