home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Aman, Begini Cara Terapkan Verifikasi Dua Tahap di WhatsApp

Jumat, 17 Februari 2017 12:10 by fzhchyn | 4279 hits
Makin Aman, Begini Cara Terapkan Verifikasi Dua Tahap di WhatsApp
Image source: bgr.com

DREAMERS.ID - Layanan pesan instan WhatsApp terus meningkatkan sistem keamanan bagi para penggunanya. Setelah menerapkan fitur enskripsi agar data tak mudah disadap atau diretas, kini aplikasi yang berada di bawah perusahaan induk Facebook ini menerapkan tahap verifikasi baru.

Selama ini, pengguna hanya melakukan verifikasi melalui nomor telepon yang dipakai untuk akun WhatsApp mereka. Aplikasi akan mengirim kode melalui SMS atau telepon yang harus dimasukkan oleh pengguna, saat mengaktifkan layanannya.

Namun sekarang WhatsApp menambahkan ‘two-step verification’ atau verifikasi dua tahap berupa enam digit passcode. Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu membuka menu Setting lalu Account dan pilih Two-step verification. Setelah itu tekan Enable, lalu pengguna bisa memasukkan enam digit angka dan mengikuti perintah seterusnya.


Image source: Dreamers.id

Fungsi enam digit angka ini adalah untuk dimasukkan setiap kali pengguna mendaftarkan nomor teleponnya untuk dijadikan sebagai kontak WhatsApp lagi. Misalnya, saat pengguna membeli smartphone baru namun tetap ingin menggunakan SIMcard dan nomor yang sama.

Baca juga: Inilah Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Gunakan WhatsApp di Tahun 2021

Berdasarkan keterangan WhatsApp mengutip Kompas, pengguna harus mengingat passcode, atau mem-backup-nya melalui e-mail. Nah e-mail ini juga bisa dipakai untuk menon-aktifkan verifikasi dua tahap jika pengguna lupa passcode yang dipakai.

Perlu diketahui jika passcode ini tidak akan dibutuhkan setiap kali membuka WhatsApp, namun WhatsApp akan menanyakan passcode ini secara periodik dalam jangka waktu tertentu (kemungkinan tujuh hari), untuk membantu pengguna mengingat passcode yang digunakan.

Verifikasi dua tahap yang digunakan WhatsApp ini berbeda dengan skema yang digunakan oleh Google atau Facebook. Kedua layanan itu membuat kode dengan aplikasinya dan mengirimkannya melalui SMS. Di platform WhatsApp, penggunalah yang membuatnya sendiri dan harus mengingatnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)