home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Dilanda Banjir, Ahok: Tidak Ada Cara Lain, Harus Normalisasi Sungai

Senin, 20 Februari 2017 11:30 by Dits | 2778 hits
Jakarta Dilanda Banjir, Ahok: Tidak Ada Cara Lain, Harus Normalisasi Sungai
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Hujan yang terus menerus mengguyur beberapa minggu ini membuat sebagian wilayah Jakarta kembali terendam banjir. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ini pun lantas segera turun ke lapangan untuk melihat lokasi-lokasi di Jakarta yang terkena imbas banjir.

Pria yang akrab disapa Ahok ini pun meminta maaf kepada masyarakat karena memang tidak ada cara lain untuk mengatasi banjir selain melakukan normalisasi sungai. Pasalnya, menurut Ahok banjir yang terjadi di sejumlah kawasan dikarenakan normalisasi kali Sungai Ciliwung yang belum selesai 100 persen dikerjakan.

"Iya pasti (Cipinang Melayu banjir) karena normalisasi Sungai Ciliwung segala macam baru 40 persen. Tapi 40 persen saja efek sudah bagus banget sebetulnya. Ini kan masih ada yang bolong kan. Dulu kami baru masuk, 2.200-an lokasi banjir. Tahun lalu 400-an (lokasi banjir). Bulan ini sebelum naik itu tinggal 80 titik saja. Jadi kalau masih di Cipinang gitu ya mau bilang apa. Nanti saya mau ke sana," ucap Ahok saat ditemui di gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/2) mengutip Detikcom.

Baca juga: Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!

Solusi yang terbaik menurutnya mau tak mau memang harus tetap dilakukan normalisasi sungai. "Harus tetap normalisasi. Kalau ada yang punya lahan, makanya saya selalu sampaikan ke masyarakat segera urus sertifikat. Dulu susah mesti bayar BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), sudah saya gratiskan. Kalau sudah dapat sertifikat ya mau nggak mau kami harus bayar harga yang berdasar NJOP supaya mereka bisa beli di tempat lain."

Lebih lanjut, ia pun berencana akan mengunjungi wilayah Bukit Duri, Jakarta Selatan untuk menemui warga yang tekena musibah banjir dan menyakinkan soal normalisasi. Mengenai anggaran, Ahok mengatakan kalau dana sudah ada dan tugas Pemprov DKI Jakarta menyediakan lahan kerja. 

 "Saya mau lihat supaya yakinkan warga sana, Bukit Duri segala macam supaya mau dinormalisasi. Kan bisa lihat tetangga-tetangga. Dulu Kampung Pulo seatap, sekarang hitungan jam sedengkul. Itu karena belum beres. Jadi 4 tahun, kami baru berhasil 40 persen karena banyak masalah. Masyarakat kan saya harus mohon maaf kan situasi kayak gitu, nggak ada cara lain (normalisasi sungai), dibilang nggak sosialisasi," tegas Ahok. 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)