home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Direkomendasikan di Dua Bulan Ini ke Pulau Komodo, Apa Alasannya?

Senin, 20 Februari 2017 17:00 by reinasoebisono | 5273 hits
Tak Direkomendasikan di Dua Bulan Ini ke Pulau Komodo, Apa Alasannya?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pulau Komodo yang masuk dalam salah satu keajaiban alam dunia tak hanya menarik karena hewan liar dari zaman purbakala yang masih hidup, namun juga keindahan alamnya. Pantai putih kemerahan bahkan pink jadi buruan travelers setiap tahunnya.

Sekedar informasi, Pulau Komodo adalah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo dan dikelola oleh Pemerintah Pusat. Lebih mudahnya, pulau ini berada di sebelah Timur pulau Sumbawa.

Namun melansir Reservasi, ada 2 bulan yang tidak direkomendasikan untuk berkunjung ke Pulau Komodo, yaitu sekitar bulan Agustus-September. Hal ini tak lain karena aktivitas komodo yang jadi daya tarik utama itu sendiri.


Image source: Komodo Tours

Lebih lanjut, ternyata pada bulan Agustus, komodo jantan sedang masuk dalam puncak masa kawin. Sehingga mereka akan bertarung satu sama lain untuk memperebutkan komodo betina. Otomatis, mereka akan mencari tempat tak terganggu manusia dan masuk ke hutan lebih dalam.

Baca juga: Wanita Haid Tidak Boleh Datang ke Pulau Komodo, Ini Faktanya

Begitu pula di bulan September, adalah masa komodo betina bertelur dan menetaskan anak-anaknya. Sehingga di 2 bulan tersebut, komodo jarang ditemukan. Jika ditemukan pun emosinya kurang stabil karena sedang musim kawin dan rasa bertarung komodo jantannya sangat besar.

Lalu bagaimana cara membedakan komodo jantan atau betina? Cukup mudah dan tak perlu melihat kelaminnya. Cari saja di tubuh komodo tersebut apakah ada bekas cakaran atau tidak. Jika ada, bisa dipastikan itu adalah komodo jantan yang memang secara natural akan bertarung satu sama lain.

Dan perlu diingat jika berkunjung untuk ‘memburu’ penampakan makhluk buas ini harus ditemani pemandu agar tidak tersesat dan mengetahui harus melakukan apa. Jangan terlalu dekat karena tetap saja komodo adalah hewan liar. Selain menjaga keselamatan diri sendiri, kelestarian alam ini pun juga harus dijaga ya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)