home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Mudah Cegah Obesitas

Senin, 04 Februari 2013 15:00 by citra09 | 2801 hits
Tips Mudah Cegah Obesitas
foxnews.com

Obesitas merupakan masalah besar yang saat ini sedang dihadapi oleh banyak orang di dunia. Gaya hidup dan pola makan yang tidak baik serta kurang berolahraga adalah faktor utama yang menyebabkan berat badan semakin naik dan menyebabkan obesitas. Banyak orang juga malas atau tidak mempunyai waktu untuk berolahraga ke gym, berikut merupakan pola hidup sederhana demi pencengahan obesitas:

Rutin minum air putih
Minum air putih membantu mengedarkan vitamin ke seluruh tubuh sehingga dapat membantu metabolisme tubuh dan menghindari dehidrasi. Minumlah air segelas air dingin setiap kali merasa sedikit lapar atau sangat haus untuk mengalihkan pikiranmu dari makanan ringan dan juga soda.

Jangan lewatkan sarapan
Makan sarapan yang sehat dan bergizi dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan mempertahankan metabolisme tubuh. Sarapanlah dengan porsi yang tidak terlalu banyak dan menu yang bergizi dan padat.

Jadikan sayuran dan buah sebagai prioritas
Makanlah sayuran dan buah-buahan yang cukup setiap harinya. Olah buah atau sayuran dengan cara di rebus atau dipanggang setengah matang. Jangan menggorengnya dengan banyak minyak atau tambahkan banyak gula atau garam.

Bagi lagi jadwal makan
Jika kebanyakan orang mempunyai jadwal makan sehari sebanyak 3 kali, maka cobalah untuk membagi waktu makanmu menjadi 6 kali sehari dengan porsi yang normal sebanyak 3 kali dan diselingi dengan jajanan yang sehat.

Baca juga: Berbagai Penyakit yang Dipicu Konsumsi Gula Berlebih

Hindari jajanan yang menggemukkan
Saat perut terasa lapar, jangan mengemil keripik kentang atau minuman bersoda, karena makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan mengandung banyak kalori. Ganti cemilanmu dengan jajanan yang sehat yang mengandung kacang-kacangan.

Olahraga teratur
Hal yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga setiap hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan rutin berjalan kaki, berenang, atau lakukan yoga.

Aktif sepanjang hari
Disamping berolahraga setiap hari, banyak melakukan aktifitas sepanjang hari juga hal yang tak kalah penting. Usahakan jangan bolos jam olahraga maupun kegiatan ekstrakurikuler di sekolah untuk tetap aktif. Melakukan pekerjaan rumah juga selain membantu orang dirumah juga bisa membuat badanmu aktif bergerak.

Yuk, mulai sekarang ubah pola hidup menjadi seperti poin-poin diatas untuk menghindari obesitas!

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)