home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lidah Terbakar Usai Menyantap Makanan Panas? Simak Cara Mudah Mengatasinya

Senin, 27 Februari 2017 13:10 by fzhchyn | 2025 hits
Lidah Terbakar Usai Menyantap Makanan Panas? Simak Cara Mudah Mengatasinya
Image source: healthnbeauty.in

DREAMERS.ID - Sensasi lidah yang terbakar setelah menyantap makanan atau minuman panas memang sangat mengganggu. Tak hanya membuat kita kurang bisa menikmati makanan yang disantap, tapi rasa kebasnya juga membuat tidak nyaman.

Nah jika kamu mengalami hal ini karena terlalu terburu-buru dan tidak sabar ingin menikmati makanan atau sajian panas lainnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi sensasi lidah yang terbakar, seperti dilansir dari Vemale berikut ini.

1. Air dingin

Meminum air dingin dianggap menjadi salah satu cara paling cepat dan tepat untuk mengatasi lidah terbakar. Minuman yang dingin dipercaya dapat membantu lidah kembali normal. Kalau perlu, kamu juga bisa menggunakan es batu dengan cara meletakannya pada bagian lidah yang terbakar.

2. Air garam

Selain air dingin, kamu juga bisa memanfaatkan air garam. Namun bukan untuk diminum melainkan hanya untuk berkumur. Caranya tambahkan satu sendok kecil garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dengan air tersebut selama 30 detik. Ulangi hingga lidah kembali normal.

Baca juga: Sering Diabaikan, Ini Alasan Kamu Harus Rajin Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lidah

3. Madu

Jika tak suka dengan rasa asin yang mungkin tertinggal setelah berkumur dengan air garam, kamu bisa memanfaatkan si manis madu yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko luka bakar. Caranya oleskan madu pada lidah yang terbakar. Ulangi 2-3 kali sehari. Lakukan hingga luka bakar benar-benar sembuh.

4. Lidah buaya

Kandungan nutrisi dalam tanaman obat ini dipercaya dapat mengurangi risiko lidah terbakar. Cukup kupas lidah buaya, lalu ambil bagian gelnya dan oleskan pada lidah yang terbakar. Kandungan nutrisinya mengurangi peradangan akibat lidah terbakar.

5. Yogurt

Yogurt juga menjadi salah satu obat untuk mengurangi risiko lidah yang terbakar. Untuk memanfaatkannya, ambil setengah sendok yogurt dingin lalu makan dengan perlahan. Sebelum ditelan, diamkan di lidah hingga 2 menit. Ulangi hingga semua yoghurt habis. Kandungan nutrisi pada yoghurt akan mengurangi iritasi karena lidah terbakar.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)