home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Korsel Gencar Himbau Kim Jong-Un Segera Diadili ke Mahkamah Pidana Internasional

Selasa, 28 Februari 2017 17:33 by Dits | 1682 hits
Pemerintah Korsel Gencar Himbau Kim Jong-Un Segera Diadili ke Mahkamah Pidana Internasional
image source: The Guardian Nigeria

DREAMERS.ID - Setelah memberi tahu warga Korea Utara soal berita kematian kakak tiri dari Presidennya, pihak Korea Selatan juga telah mengungkapkan siapa ‘bos’ dari pembunuhan Kim Jong Nam yang tak lain adalah Presiden Korea Utara, Kim Jong Un.

Tak hanya itu saja, pemerintah Korea Selatan juga gencar menghimbau agar Kim Jong Un segera dibawa ke pengadilan internasional karena mengancam keamanan global terkait dengan HAM di negara Korea Utara.

Himbauan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Korsel Yun Byung ketika memberikan pidatonya di Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss pada Senin (27/2) waktu setempat. Yun mengutuk atas tragedi pembunuhan Kim Jong-Nam yang terjadi pada 13 Februari lalu di Malaysia. Menurutnya, ratusan pejabat Korut juga telah dieksekusi negara komunis tersebut termasuk warga biasa yang diduga tak terhitung jumlahnya.

"Kita semua tahu siapa yang paling bertanggung jawab atas pelanggaran dan kejahatan-kejahatan tersebut," ucapnya tanpa menyebut lebih rinci. 

Berdasarkan data PBB, Yun mengungkap kalau sekitar 120 ribu orang saat ini tengah berada di penjara-penjara Korut. "Kita harus bertindak secara individual dan kolektif sebelum pelanggaran HAM ini mengarah ke bencana yang jauh lebih besar," lanjutnya.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Bagi Yun, saat ini adalah waktu yang tepat untuk membawa para pemimpin Korut dan semua yang bertanggung jawab atas pelanggaran HAM di negeri tersebut untuk diadili ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC). 

Seperti diketahui, Siti Aisyah bersama Doan Thi Huong diduga mengusapkan zat beracun yang kemudian dinyatakan sebagai gas saraf VX  ke wajah Jong-nam yang lantas tewas dalam perjalanan ke rumah sakit hanya sekitar 15-20 menit setelah diserang oleh dua wanita tersebut.

(dits/Detikcom)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)