home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tiga Perhatian Penting yang Jadi Fokus Pidato Singkat Raja Salman di Gedung DPR

Kamis, 02 Maret 2017 17:23 by reinasoebisono | 1584 hits
Tiga Perhatian Penting yang Jadi Fokus Pidato Singkat Raja Salman di Gedung DPR
Image source: Rappler

DREAMERS.ID - Dengan pengawalan ketat dan sambutan meriah nan elegan di gedung kura-kura DPR RI, Raja Salman beserta para pangeran dan rombongan telah melaksanakan prosesi pidato politik di gedung legislatif Indonesia itu.

Di pidatonya yang kedua, Raja Salman memberikan pidato yang terbilang cukup singkat dibandingkan pidato Ketua DPR Setya Novanto. Namun mengutip Kompas Live, ada 3 hal yang jadi perhatian dan ditegaskan oleh Raja Arab Saudi itu.

Terorisme

Indonesia dan Arab Saudi disebut memiliki kekhawatiran yang sama atas aksi terorisme. Indonesia sudah berulang kali menghadapi aksi teror yang meresahkan, seperti Bom Thamrin. Sama seperti Arab Saudi di mana sebuah bom meledak di area parkir Masjid Nabawi, Madinah tepat sehari sebelum Lebaran tahun lalu.

Raja Salman pun menegaskan akan bersama-sama memerangi terorisme. Termasuk salah satu nota kesepahaman yang ditandatangani kemarin di Istana Bogor adalah bidang Keamanan yaitu meningkatkan kerja sama memberantas teror.

Ucapan Terima Kasih

Baca juga: Cek Fakta Atau Hoax! Kabar Raja Salman Meninggal Dunia

Raja Salman juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para Mubaligh dan Da’i yang sudah hadir di Gedung DPR dan ikut menyambutnya. Hal ini dianggap berarti untuk sang raja sebelum akhirnya bertemu dengan ulama dan pimpinan organisasi Islam di Istana Negara.

Penghormatan Kedaulatan

Poin terakhir dianggap paling penting dan spesial karena Raja Salman menegaskan tidak akan mencampuri urusan dalam negeri Indonesia. Meski tersirat, ungkapan ini adalah bentuk penghormatan penuh Arab Saudi terhadap kedaulatan Republik Indonesia.

Dari sisi Indonesia yang diwakili Setya Novanto pun menarik. Ia mengungkapkan dalam bahasa Arab jika Indonesia adalah negeri kedua untuk Raja Salman. Poin ini diulang hingga 3 kali dan direspon tepuk tangan bahagia oleh sang raja.

Setya Novanto juga memohon maaf jika ada kesalahan para WNI yang berbuat salah di Arab Saudi. Isu ini juga sempat disinggung oleh Presiden Jokowi yang ‘menitipkan’ para WNI yang berada di Arab Saudi, termasuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)