home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Menstruasi, Beberapa Hal Ini Juga Bisa Jadi Penyebab Mood Swings pada Wanita

Jumat, 03 Maret 2017 11:00 by fzhchyn | 3646 hits
Tak Hanya Menstruasi, Beberapa Hal Ini Juga Bisa Jadi Penyebab Mood Swings pada Wanita
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Setiap orang pasti pernah mengalami mood swings atau perubahan suasana hati yang cukup drastis. Baik pria maupun wanita memiliki alasan dan penyebab terjadinya mood swings ini. Khususnya pada wanita, perubahan mood bisa terjadi di beberapa tahap tertentu.

Menurut laman Bold Sky, ada banyak perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita selama tahap-tahap penting tertentu dalam hidup mereka. Perubahan fisik juga dapat mengubah kimia otak dan bisa menjadi alasan mengapa wanita cenderung mengalami perubahan suasana hati.

Saat mengalami mood swings tersebut, keadaan emosional dapat berubah dari yang tertinggi ke terendah dengan sangat cepat. Dan berikut adalah beberapa keadaan atau situasi yang menyebabkan wanita mengalami mood swings.

1. Masa remaja
Saat wanita memasuki masa remajanya, banyak perubahan yang terjadi. Selamam fase itu, wanita mengalami perubahan fisik dan fisiologis yang mempengaruhi perubahan mood.

2. Kehamilan
Selama masa kehamilan, tingkat estrogen meningkat dengan cepat dan itulah alasan mengapa wanita cenderung mengalami perubahan mood yang drastis saat hamil.

Baca juga: Mendadak Bad Mood? 5 Kegiatan Ini Bisa Bikin Suasana Hati Cerah Lagi

3. Menopause
Ketika wanita mengalami menopause, mereka mungkin akan mengalami perubahan mood. Alasannya adalah karena adanya perubahan hormonal yang terjadi selama fase tersebut. Terbalik dengan fase kehamilan, pada fase menopause ini hormon estorgen justru berkurang, namun perubahan tersebut tetap berpengaruh ke suasana hati.

4. Stres
Yap, stres juga bisa mempengaruhi perubahan mood pada wanita. Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi bisa berdampak pada kondisi mental dan fisik pada seseorang.

5. Obat
Kadang, mengkonsumsi obatan-obatan bisa menjadi alasan di balik terjadinya perubahan mood ini. Beberapa obat memang bisa mengganggu zat kimia di otak.

6. Kurang tidur
Kurang tidur yang disebabkan insomnia juga bisa menjadi penyebab perubahan suasana hati. Setiap wanita memiliki tahap dalam hidupnya di mana mereka akan kekurangan tidur. Dan saat itulah mereka akan menghadapai perubahan mood yang drastis.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)