home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dipercaya Sebagai Tanda Alam Dunia, Ini Sebab Warna Danau Kelimutu Berubah Lagi

Senin, 20 Maret 2017 10:18 by reinasoebisono | 2008 hits
Dipercaya Sebagai Tanda Alam Dunia, Ini Sebab Warna Danau Kelimutu Berubah Lagi
Image source: Berita Satu

DREAMERS.ID - Air di dua Danau Kelimutu yang terdapat di Ende, Nusa Tenggara Timur berubah warna secara bertahap sejak awal 2017. Perubahan ini kerap membuat heboh warga sekitar karena dipercaya sebagai tanda alam dunia. Melansir Berita Satu, Kepala Seksi Wilayah I Taman Nasional Kelimutu Benediktus Rio Wibawanto membenarkan perubahan warna ini. 

"Perubahan warna air Danau Kelimutu mulai berlangsung awal tahun 2017 terjadi pada Danau Tiwu Ko Wai Noo Muri dan perubahan warna ini terus melebar ke Danau Tiwu Ata Polo. Perubahan yang terjadi pada dua danau ini berlangsung sampai saat ini," ujar Rio.

Lebih lanjut, Danau Tiwu Ata Polo mengalami perubahan dari warna hijau muda ke warna hijau lumut. Sedangkan pada Danau Tiwu Ko Wai Noo Muri, berubah dari sebelumnya warna putih telur asin menjadi biru tua.


Danau Kelimutu (Anandashika/Wordpress)

Perubahan warna yang menarik perhatian ini diduga karena tingkat keasaman yang tinggi yang disebabkan curah hujan meningkat di Kepulauan Flores. Namun perubahan warna ini selalu menjadi daya tarik wisatawan yang makin semangat mengunjungi Danau Kelimutu.

Sebagai informasi, Danau Kelimutu memang memiliki fenomena unik pada ketiga danaunya yang kerap berubah warna. Hal itu sering disangkutkan pada tanda kurang baik di alam. Salah satunya adalah tahun 1992 terjadi gempa bumi Flores.

Atau perubahan warna Danau Kelimutu pada tahun 2004. Namun para ahli menepis kepercayaan tersebut dan menjelaskan penyebab fenomena tersebut seperti penjelasan di atas.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)